[SALAH] Prabowo Menyesal Pilih Gibran Sebagai Cawapres

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan klaim bahwa Prabowo Subianto merasa menyesal karena telah memilih Gibran sebagai cawapresnya merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, judul tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://web.archive.org/web/20231211085510/https://www.tiktok.com/@infograndong/video/7310804898025671941 (TikTok)

=======

[NARASI]: β€œWowo Nyesel Pilih Anak Owi || Awalnya Aja Sebelum Daftar ke KPU Ngomongnya Besar Ternyata Saat Kampanye Loyo”

=======

[PENJELASAN]:

Akun TikTok @infograndong mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, merasa menyesal karena telah memilih Gibran Rakabuming sebagai Cawapres yang akan mendampinginya di Pilpres 2024.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya tidak ditemukan informasi mengenai Prabowo yang menyesal memilih Gibran sebagai Cawapres seperti yang tertulis pada judul unggahan.

Pada kenyataannya, narator dalam video hanya membaca ulang artikel opini yang ditulis oleh Xhardy di laman Seword.com. Artikel berjudul “3 Blunder Lucu Gibran Yang Tidak Termaafkan” tersebut telah diunggah pada 8 Desember 2023. Dalam artikel, Xhardy menilai bahwa Gibran kurang layak menjadi Cawapres karena telah menciptakan berbagai sensasi yang memalukan selama masa kampanye berlangsung.

Sumber: seword.com

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh akun TikTok @infograndong merupakan informasi yang salah.

Sebagai informasi tambahan, seword.com merupakan situs artikel bagi masyarakat luas yang ingin menulis opini-opini mereka, di mana opini sendiri bukanlah sebuah fakta. Namun jika di kemudian hari dapat dibuktikan kebenarannya, maka opini tersebut dapat berubah menjadi sebuah kenyataan atau fakta.

=======

[REFERENSI]:

https://seword.com/politik/3-blunder-lucu-gibran-yang-tidak-termaafkan-XEHvnXa861