[SALAH] Bencana Puting Beliung Sapu Bersih Wilayah DKI Jakarta

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa bencana angin puting beliung telah menyapu bersih wilayah DKI Jakarta merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel dari dua peristiwa yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1702277869.634784/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “Mencekam… JAKARTA TAMAT HITUNGAN DETIK,PUTING BELIUNG TORNADO SAPU BERSIH WILAYAH DKI HARI INI”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube CCTV BENCANA mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa pada 7 Desember 2023, bencana angin puting beliung telah menyapu bersih wilayah DKI Jakarta.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narator dalam video hanya membaca ulang artikel dari dua peristiwa yang tidak saling berkaitan.

Pertama, artikel berjudul “Ratusan Rumah Warga Desa Nanggung Banten Rusak Diterjang Puting Beliung”. Artikel tersebut memberitakan mengenai bencana angin puting beliung yang terjadi pada 6 November 2023 di Desa Nanggung, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang, Banten.

Sumber: iNews.id

Kedua, artikel berjudul “Ganasnya Puting Beliung Porak Poranda Puluhan Rumah di Dusun Derso Kerjo Karanganyar, Listrik Padam” dan artikel berjudul “Dilibas Angin Puting Beliung, 23 Rumah di Kecamatan Kerjo, Karanganyar Porak-Poranda”. Kedua artikel tersebut memberitakan mengenai bencana angin puting beliung yang terjadi pada Desember 2022 di Dusun Derso, Desa Sumberejo, Kerjo, Karanganyar, Jawa Tengah.

Sumber: iNews.id

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube CCTV BENCANA merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://regional.inews.id/berita/ratusan-rumah-warga-desa-nanggung-banten-rusak-diterjang-puting-beliung
https://karanganyar.inews.id/read/224019/ganasnya-puting-beliung-porak-poranda-puluhan-rumah-di-dusun-derso-kerjo-karanganyar-listrik-padam