[SALAH]: “PRABOWO SUBIANTO DINONAKTIFKAN SEBAGAI MENHAN”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Prabowo Subianto dinonaktifkan sebagai Menhan.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1701317369.791416/index.html

=====

[NARASI]: Mengejutkan dunia, prabowo di non aktifkan dari menhan dalang yang buat jokowi ber4nt4nk4n terbongkar.

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah unggahan video di media sosial Facebook dengan nama pengguna “Mindblowiing” mengunggah video dengan narasi bahwa Prabowo Subianto dinonaktifkan sebagai Menhan.

Thumbnail video merupakan hasil rekayasa, Narator video hanya membacakan artikel di laman Seword.com dengan judul artikel “Gaya Berpolitik Jokowi Berubah Orientasi Menjadi Penguasa Mutlak kah?”.

Saat ini Prabowo juga masih bekerja sebagai Menhan. Ia menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor dengan Agenda penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) TA 2024 oleh Presiden RI, pada Selasa (28/11/2023).

Meski maju sebagai calon presiden (capres), Prabowo masih menjabat Menhan. Presiden Jokowi telah mengeluarkan aturan yang memungkinkan menteri ataupun wali kota yang maju pada Pemilu 2024 tidak harus mundur dari jabatannya.

Dengan demikian klaim tentang Prabowo Subianto dinonaktifkan sebagai Menhan adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://seword.com/politik/gaya-berpolitik-jokowi-berubah-orientasi-menjadi-cRx4kPTJPd#google_vignette
https://www.kompas.com/tren/read/2023/11/24/181500765/aturan-baru-jokowi–menteri-wali-kota-maju-pilpres-tidak-harus-mundur?page=all