[SALAH] POLISI RAZIA ORANG-ORANG YANG MENGGUNAKAN KAUS BELA PALESTINA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut merupakan video Polresta Tangerang mengamankan belasan pemuda yang akan pergi ke Jakarta untuk mengikuti aksi 1812 pada tahun 2020 silam yang ditambahi dengan narasi yang menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]:Β https://archive.cob.web.id/archive/1701176367.061043/index.htmlΒ (Facebook)

=======

[NARASI]:
*RAZIA…., tidak boleh pakai kaos Bela Palestina*:bangbang:

:rage:
:rage:
:rage:

:flag-ps:JELAS SUDAH ADA YAHUDI PESEK Bagian Dari Zionisme sudah Ada Di Indonesia.waspada Dan Waspada lah.

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari akun facebook dengan nama pengguna Krina Gibran Krisna Gibran yang menampilkan polisi mengamankan sejumlah orang yang memakai baju berwarna hitam dengan narasi yang mengklaim bahwa polisi sedang merazia orang-orang berkaus bela Palestina.

Setelah dilakukan penelusuran, ditemukan video identik dengan video klaim tersebut dari channel youtube resmi Seputar iNews berjudul “Belasan Pemuda Akan Ikuti Aksi Massa 1812 di Tangerang Diamankan Polisi – SIS 18/12” yang diunggah pada 18 Desember 2020.

Video tersebut merupakan momen ketika Polresta Tangerang mengamankan belasan pemuda yang akan pergi ke Jakarta untuk mengikuti aksi 1812 pada tahun 2020 silam.

Dikutip dari detik.com, kaus yang digunakan oleh sejumlah pemuda tesebut bergambar mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim bahwa polisi merazia orang-orang berkaus bela Palestina tidak terbukti dan termasuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/11/27/131900182/-hoaks-video-polisi-merazia-orang-orang-berkaus-bela-palestina?page=all#page2

https://news.detik.com/berita/d-5299731/14-remaja-diamankan-hendak-aksi-di-jakarta-ada-yang-berkaus-habib-rizieq