[SALAH] MEGAWATI PAKAI ANTING DI HIDUNG

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, benda yang digunakan oleh Megawati di hidung merupakan plug nasal filter atau filter hidung.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.fo/IdVWT

=====
[NARASI]:

“Emmak Banteng,, Hidungnya Pake Anting,,,:stuck_out_tongue_closed_eyes::stuck_out_tongue_closed_eyes::zany_face::zany_face::stuck_out_tongue_winking_eye::stuck_out_tongue::stuck_out_tongue::stuck_out_tongue:”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar unggahan di media sosial Facebook, sebuah foto dari salah satu tokoh politik Indonesia, sekaligus mantan presiden Republik Indonesia, Megawati Soekarno Putri. Di dalam unggahan tersebut, tampak Megawati memakai sebuah barang kecil yang diduga anting yang biasa digunakan sebagai asesoris di hidung. Pemilik akun bernama Karman Khan juga melempar pertanyaan yang berbunyi, “KIRA-KIRA BERAPA GRAM YA?!”. Lalu apakah benar Megawati menggunakan asesoris berupa anting di hidung seperti yang disampaikan di dalam unggahan?

Namun setelah melakukan penelusuran, didapati beberapa artikel yang telah menjelaskan mengenai hal ini. Salah satunya, melansir dari artikel media aceh.tribunnews.com, dijelaskan bahwa gambar Megawati yang tersebar ini berasal dari foto Megawati saat mengunjungi resepsi pernikahan dari salah satu putera dari Presiden RI, yaitu Kaesang Pangarep pada 11 Desember 2022.

Tampak saat akan melakukan foto bersama, Megawati kemudian membuka masker yang digunakannya sebelumnya. Saat membuka masker, tampak sebuah benda yang kemudian menyorot perhatian. Benda kecil yang dipakai di hidung ini, tampak seperti anting atau tindikan. Padahal menurut keterangan yang beredar, Megawati bukan memakai anting atau tindikan di hidung, melainkan memakai plug nasal filter, atau biasa juga disebut filter hidung.

Plug nasal filter terdiri dari 3 lapis filter yang menghambat virus, menghambat partikel berbahaya seperti racun yang berterbangan di udara, begitu pun debu berterbangan seperti serbuk sari dan alergen di rongga hidung. Alat plug nasal filter berisikan microfiber yang melekat pada plastik lunak, plug nasal filter terbukti menghambat masuknya partikel tanpa mengganggu ketika si pemakaiannya bernafas.

Jadi berdasarkan penjelasan yang disampaikan, dapat disimpulkan bahwa informasi yang menyebutkan bahwa Megawati memakai anting di hidung adalah informasi yang keliru, sehingga dapat dikategorikan sebagai misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://aceh.tribunnews.com/2022/12/13/dikira-tindik-hidung-di-nikahan-kaesang-erina-ternyata-megawati-pakai-plug-nasal-filter-apa-itu

https://www.hariankami.com/berita-kami/pr-2366054975/cek-fakta-bu-mega-ke-resepsi-nikahan-kaesang-erina-pakai-tindik-hidung-ternyata-plug-nasal-filter

====

https://www.facebook.com/groups/indonesiabersuara2021/permalink/3880349118859526/