[SALAH] Video Obama Membuka Lukisan Anies – Muhaimin

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut adalah hasil rekayasa digital, video asli menunjukkan lukisan dibalik tirai tersebut adalah lukisan Obama pada Februari 2018 saat Galeri Lukisan Nasional Smithsonian meluncurkan lukisan mantan Presiden Barack Obama dan Michelle Obama yang dibuat oleh seniman Kehinde Wiley dan Amy Sherald.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/U669-C59H

Arsip video: https://bit.ly/40S421n

= = =

Narasi:

“Barak Obama Ja Pilih Amin Apalagi Rakyat Indonsia”

= = =

Penjelasan:

Postingan di Facebook membagikan video yang menunjukkan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama membuka tirai yang dibaliknya adalah lukisan Anies – Muhaimin. Dalam video disebutkan juga bahwa Barack Obama, memilih AMIN.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video tersebut hasil manipulasi, faktanya video asli di balik tirai tersebut adalah lukisan Barack Obama saat Galeri Lukisan Nasional Smithsonian meluncurkan lukisan mantan Presiden Barack Obama dan Michelle Obama yang dibuat oleh seniman Kehinde Wiley dan Amy Sherald pada Februari 2018. Tidak ada kaitannya dengan dukungan Barack Obama terhadap Anies – Muhaimin.

Dengan demikian, video Barack Obama membuka lukisan Anies – Muhaimin adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

= = =