[SALAH] Rumah Gibran Dikepung, Ribuan Warga Solo Ngamuk Gugat Uang 204 Triliun

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Video rumah Gibran dikepung ribuan warga Solo adalah konten tidak benar. Faktanya tidak ada bukti kredibel terkait hal tersebut. Foto dalam thumbnail hanya editan semata.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====
[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1701007096.169886/index.html

====

[NARASI]: “VIRAL !! RUMAH GIBRAN DI KEPUNG, RIBUAN WARGA SOLO NGAMUK GUGAT UANG 204 TRILIUN”

====
[PENJELASAN]:
Akun Youtube “Topik News” pada tanggal 21 November 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim Gibran dikepung ribuan warga Solo gugat uang 204 triliun. Tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

Video berdurasi 12 menit 5 detik tersebut sama sekali tidak membahas pengepungan rumah Gibran di Solo. Unggahan tersebut justru membahas Indeks Persepsi Korupsi di Indonesia tahun 2022 yang terjun bebas dari peringkat 38 ke 34. serta realitas hydra korupsi di Indonesia. Narasi dalam unggahan tersebut identik dengan artikel milik inews.id yang berjudul “Gibran Rakabuming Terperangkap Hydra Korupsi Kekuasaan”.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ada informasi yang kredibel terkait rumah Gibran dikepung oleh ribuan warga Solo yang menggugat soal uang 204 triliun. Bahkan setelah dilakukan penelusuran foto dalam thumbnail yang menggambarkan rumah terkepung warga merupakan foto yang diambil saat massa demo ricuh merusak gedung DPRD Malang. Demo tersebut merupakan aksi penolakan pengesahan UU Ciptaker tahun 2020.
==========
[REFERENSI]
[1] https://lintasbabel.inews.id/read/371885/gibran-rakabuming-terperangkap-hydra-korupsi-kekuasaan
[2] https://bagikanberita.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-68819754/mengejutkan-rumah-ketua-dpr-ri-puan-maharani-dibakar-pendemo-ini-fakta-sesungguhnya?page=2