[SALAH] Kemendikbud Cabut Ijazah Gibran

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Judul video tidak sesuai dengan isi video yang ditampilkan. Isi video membahas tentang profil sekolah Gibran yaitu Orchid Park Secondary School Singapura dan University of Technology Sydney (UTS): Insearch.

[KATEGORI]
Konten yang Menyesatkan

[SUMBER]
YouTube
https://archive.cob.web.id/archive/1700895835.720218/index.html

[NARASI]
“MENIPU & PALSU || MENTERI PENDIDIKAN CABUT IJAZAH GIBRAN LULUS YANG SETARA SMK”

[PENJELASAN]
Sebuah akun YouTube mengunggah video yang mengklaim Kemendikbud mencabut ijazah Gibran Rakabuming Raka. Thumbnail video menampilkan wajah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Makarim dalam sebuah forum rapat. Faktanya, informasi tersebut tidak benar.

Setelah video dilihat secara lengkap, isi video tidak ada sangkut pautnya dengan judul video. Isi video membahas tentang profil sekolah Gibran yaitu  Orchid Park Secondary School Singapura dan University of Technology Sydney (UTS): Insearch. Narator dalam video membacakan tulisan pada artikel garudanews24.id yang berjudul “penelusuran studi Gibran di UTD Insearch MDID dan Bradford ini kata Kemendikbud.’

Cuplikan video yang ditampilkan juga tidak ada kaitannya dengan pemberitahuan jika ijazah Gibran dicabut Kemendikbud. Justru, ungguhan itu menampilkan cuplikan video saat Gibran menyodorkan bukti ijazah kepada Wartawan dan juga momen saat dua ulama temui Gibran untuk memberikan doa dan wejangan. Cuplikan-cuplikan video tersebut diambil dari YouTube beritasurakarta dan YouTube KompasTV Jateng.

[REFERENSI]

https://nasional.tempo.co/read/1313650/kata-nadiem-makarim-ini-alasan-jokowi-angkat-dia-jadi-mendikbud

https://garudanews24.id/berita/penelusuran-studi-gibran-di-uts-insearch-mdis-dan-bradford-ini-kata-kemendikbud/

https://youtu.be/zglRFl0w9GI?si=T4tLTHrbY0c0rt0W

https://youtu.be/M1I2RhCwyMw?si=xT-orMIENoFkvDxP