[SALAH] Amerika dan Israel Kompak Boikot Produk Indonesia

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Narasi pada video tidak benar. Tidak ditemukan informasi valid yang menginformasikan bahwa Amerika dan Israel memboikot produk-produk Indonesia.

[KATEGORI]
konten yang menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1700895377.53255/index.html

[NARASI]
“Amerika Dan Israel Kompak Boikot Produk Indonesia
Seruan Amerika Dan Israe Boikot Produk Indonesia”

[PENJELASAN]
Sebuah akun TikTok membagikan video yang mengklaim Amerika Serikat dan Israel akan melakukan boikot terhadap produk-produk Indonesia. Video itu menampilkan foto Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang sedang mengobrol tatap muka. Dalam video juga ditampilkan daftar produk Indonesia yang diboikot seperti ketoprak, mie ayam, batagor, seblak dll.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut tidak benar. Tidak ditemukan informasi resmi dari otoritas Amerika atau Israel yang menyebut akan melakukan boikot terhadap produk-produk Indonesia, seperti yang ditampilkan pada video TikTok.

Cuplikan foto Joe Biden dan Benjamin Netanyahu yang sedang mengobrol tatap muka, disinyalir tengah membahas tentang tekanan Israel dari pemerintah asing. Dilansir dari Sky.com, foto tersebut menjelaskan bahwa Benjamin Netanyahu mengatakan dia tidak akan ditekan oleh pemerintah asing. Jadi, foto Biden dan Netanyahu tersebut tidak merepresentasikan topik diskusi untuk memboikot produk Indonesia.

[REFERENSI]
https://palpos.disway.id/read/655619/gencar-seruan-boikot-israel-dan-amerika-boikot-balik-produk-indonesia

https://news.sky.com/story/joe-biden-and-benjamin-netanyahu-in-icy-exchange-over-israels-controversial-judicial-reforms-12844704

https://twitter.com/CNNIndonesia/status/1716078793788678150