[SALAH] Jokowi Merencanakan Kecurangan Pemilu 2024,  Mengintruksikan Aparat Desa Memenangkan Salah Satu Capres

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Video tersebut merupakan video lama. Perangkat Desa dalam video akan menghadiri Silaturahmi Nasional (Silatnas) di Jakarta pada Januari 2023. Dalam video juga tidak menjelaskan bahwa perangkat desa menemui Jokowi terkait pemenangan salah satu calon Presiden 2024.

[KATEGORI]
Konten yang Menyesatkan

[SUMBER]
WhatsApp
https://archive.cob.web.id/archive/1700638402.742803/index.html

[NARASI]
” Dishare ke group lain biar rakyat jķowi sdh merencanakan kecurangan pemilu 2024 mengintruksikan aparat desa utk memenangkan salah satu capres dn cawapres”

[PENJELASAN]

Beredar sebuah pesan WhatsApp Grup yang mengklaim perangkat desa berangkat ke Jakarta untuk menemui Jokowi terkait Pemilu 2024. Pesan tersebut berupa video perangkat desa dengan pakaian dinas ASN warna khaki berjalan masuk ke dalam bis. Dalam video disebutkan jika lokasi berapa di Tulungagung Jawa Timur. Faktanya, video tersebut merupakan video lama.

Setelah dilakukan penelusuran Google Image Search, ditemukan foto yang identik. Foto tersebut diunggah oleh Tribunnews.com dengan judul “perangkat desa Kabupaten Tulungagung berangkat ke Jakarta ikut silahturahmi nasional PPDI” yang diunggah pada 24 Januari 2023.

Hasil video liputan wartawan Tribunnews David Yohannes yang diunggah pada akun YouTube, memperlihatkan sejumlah perangkat desa dengan pakaian dinas ASN warna khaki menuju deretan bus yang siap membawa mereka ke Jakarta. Latar tempat pada video David tersebut, sama dengan video yang beredar di WhatsApp dengan klaim perangkat desa ke Jakarta menemui Jokowi terkait Pemilu 2024. Tempat tersebut berada di GOR Lembupeteng Tulungagung Jawa Tengah.

Dilansir dari Tribunnews.com, sebanyak 697 perangkat desa yang bergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) berangkat ke Jakarta, Selasa (24/1/2023) untuk untuk menghadiri Silaturahmi Nasional (Silatnas) di Jakarta. Pemberangkatan ratusan perangkat ini dilakukan Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo dari GOR Lembupeteng Tulungagung.

[REFERENSI]
https://surabaya.tribunnews.com/2023/01/24/697-perangkat-desa-kabupaten-tulungagung-berangkat-ke-jakarta-ikut-silaturahmi-nasional-ppdi