[SALAH] IDF: Bawah Tanah Rumah Sakit Indonesia jadi Pusat Komando Kontrol Hamas

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya tidak ada bukti atas tuduhan yang disampaikan juru bicara IDF. Edy Wahyudi selaku insinyur dan Site Manager Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza membantah tuduhan-tuduhan yang disampaikan oleh IDF.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/lYyUp

= = =

Narasi:

“Waduh… Saya sangat malu…Ternyata ini.”

“️IDF Ungkap Rahasia Memalukan RS Indonesia di Gaza”

“Hari ini kami juga merilis bukti dari Rumah Sakit Indonesia telah digunakan oleh Hamas untuk menyembunyikan Pusat Komando Kontrol Bawah Tanah. Pembangunan konstruksi Rumah Sakit didanai oleh beberapa LSM dari Indonesia, saya akan tunjukkan pada Anda, alasan mengapa mereka membangun rumah sakit di sana. Denah (gambar satelit ini diambil pada tahun 2010, saat Rumah Sakit Indonesia masih dalam pembangunan, perhatikan di sini area yang berwarna merah, ini adalah pos terdepan teror Hamas, tidak mengherankan Hamas membangun rumah sakit di atas infrastruktur teror mereka. Jalur keluar Hamas tersembunyi di bawah tanah fasilitas itu (RS Indonesia), sebelum mereka mulai membangun konstruksi rumah sakit Indonesia. Di seberang jalan hanya 75-80 meter dari RS Indonesia di Gaza, di sini IDF mengidentifikasi bekas peluncuran roket yang berarti mereka (Hamas) meluncurkan roket dari sini. Saya ulangi lagi, mereka (Hamas) melontarkan roket ke Israel hanya 75 meter dari RS Indonesia. Mengapa? Karena mereka tahu tepat jika Israel menyerang dari udara tempat pelontar roket seperti itu maka RS akan rusak.”

= = =

Penjelasan:

Sebuah unggahan di Facebook membagikan video pers rilis juru bicara Israel Defense Forces (IDF), Danial Hagari yang menuduh bawah tanah konstruksi Rumah Sakit Indonesia di Gaza menjadi Pusat Komando Kontrol Hamas. Dalam rilis tersebut IDF menunjukkan beberapa bukti dari tuduhan tersebut.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa klaim tersebut menyesatkan, faktanya melalui channel YouTube MER-C Indonesia Edy Wahyudi selaku insinyur dan Site Manager Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza membantah tuduhan-tuduhan yang disampaikan IDF terhadap Rumah Sakit Indonesia di Gaza. Mengutip dari laman resminya, Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) adalah organisasi sosial kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kegawatdaruratan medis asal Indonesia.

Edy Wahyudi menyampaikan bahwa Rumah Sakit Indonesia di Gaza hanya berada pada satu lokasi saja berbeda dengan yang ditampilkan IDF. Selain itu, pembangunan rumah sakit ini tidak dibiayai oleh beberapa LSM akan tetapi didanai oleh seluruh masyarakat Indonesia yang di himpun oleh MER-C selaku LSM yang melaksanakan pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

Lebih lanjut Edy Wahyudi juga membantah bahwa pembangunan rumah sakit dalam masa pembangunan pada 2010, karena pembangunan tahap struktur rumah sakit tersebut baru di mulai pada Mei 2011. Penggalian sedalam 8 meter untuk membangun basement dan pondasi rumah sakit tidak ditemukan adanya infrastruktur terowongan bawah tanah atau fasilitas bawah tanah Hamas.

Edy Wahyudi juga menyampaikan bahwa lokasi kerusakan yang dituduh sebagai tempat peluncuran roket Hamas yang menyerang Israel tepat berada 75 meter dari Rumah Sakit Indonesia di Gaza sudah sejak 2014 dibombardir oleh IDF pada 2014 saat agresi 52 hari oleh Israel. Pada saat itu Edy Wahyudi dan tim sedang berada di Gaza saat rumah sakit tersebut masih dalam pembangunan.

Mengutip dari CNN Indonesia, Faried Thalib yang juga insinyur yang membangun RS Indonesia mengatakan area RS Indonesia tidak memiliki fasilitas apa pun yang menghubungkan dengan pihak mana pun di Gaza. Dia juga menegaskan bahwa fasilitas tanah di RS Indonesia adalah tempat menyimpan solar untuk menghidupkan generator, bukan situs peluncuran roket.

Dengan demikian, bawah tanah Rumah Sakit Indonesia di Gaza jadi Pusat Komando Kontrol Hamas adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.reuters.com/world/middle-east/indonesia-says-gaza-hospital-palestinians-after-israel-accusations-2023-11-07/

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20231108102050-120-1021394/4-fakta-tuduhan-israel-soal-rs-indonesia-sarang-hamas-tapi-dibantah-ri

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2565/menyesatkan-israel-klaim-rumah-sakit-indonesia-di-gaza-jadi-sarang-hamas

= = =