[SALAH] Menkeu Sri Mulyani Jadi Timses Ganjar-Mahfud

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud membantah kabar tersebut. Narator dalam video yang disematkan juga tidak memberikan bukti terkait bergabungnya Menkeu dalam Timses Ganjar-Mahfud, melainkan hanya membacakan artikel opini yang tidak membuktikan klaim tersebut.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/94WC-PC5N

= = =

Narasi:

“️KEPUTUSAN SRIMULYANI BIKIN G3MPAR ISTANA..JADI TIMSES GANJAR PAK JKW DAN PRABOWO P4NAS D1NGIN”

“Peta Politik Makin Seru. Keputusan Final Srimulyani Menggemparkan. Jadi Timses Ganjar Bikin Pihak Istana Ketar Ketir”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di Facebook yang menyebut Menteri Keuangan Sri Mulyani bergabung dalam Timses Ganjar-Mahfud.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa klaim tersebut salah, faktanya tidak ada bukti yang membenarkan klaim tersebut. Dilansir dari Kompas.com, ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid menepis kabar tersebut. Narator dalam video tersebut juga tidak memberikan bukti terkait klaim tersebut.

Penelusuran teks yang disebutkan narator ditemukan bahwa narator hanya membacakan artikel opini yang terpublikasi melalui Seword.com yang berjudul “Ganjar Mahfud Menang, Sri Mulyani Akan Jadi Menko Ekonomi”.

Dengan demikian, Menkeu Sri Mulyani Jadi Timses Ganjar-Mahfud adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/11/13/124500582/-hoaks-menkeu-sri-mulyani-gabung-tim-sukses-ganjar-mahfud?page=all#page2

= = =