[SALAH] Video Tentara Israel yang Diserang

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Video tersebut menunjukkan pasukan Government of National Accord yang menembaki Tentara Nasional Libya di Tripoli, Libya, pada 2020, bukan video tentara Israel yang sedang ditembaki pada konflik Israel-Palestina tahun ini.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/dGgPV#selection-425.0-425.64

Arsip Video:
https://video.twimg.com/ext_tw_video/1718359485205622784/pu/vid/avc1/480×848/ZmFuEYmnJAPM8xUc.mp4?tag=12

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Tank-tank ini, kendaraan yang berlapis baja dan anjing-anjing Israel yang lari ketakutan. Sesungguhnya ALLAH sudah cukup bagi Mujahidin dan Mujahidin adalah pembela umat Islam yang sesungguhnya.
#starlinkforgaza #Gaza_Genocide #StopGenocideInGaza #Israel #FreePalestine #Gaza #حماس

=====

Penjelasan:

Akun Twitter bercentang biru @zain_rajpoot39 (Zain Rajpoot) mengunggah video yang menunjukkan sekelompok tentara yang berada di tengah baku tembak. Video tersebut diklaim sebagai tentara Israel yang sedang ditembaki di tengah konflik Israel-Palestina yang sedang memanas tahun ini. Cuitan dan video yang diunggah pada 29 Oktober tersebut telah disukai 275 orang, dibagikan dan dikutip ulang lebih dari 100 kali, serta telah dilihat 18,000 kali.

Berdasarkan penelusuran dengan Yandex Video Search, informasi tersebut menyesatkan. Video serupa telah banyak beredar sejak 2020, salah satunya di kanal berita Alhurra News, yang berfokus meliput berita area Timur Tengah dan Afrika Utara. Pada laman berita resminya, terdapat artikel berita dengan video serupa yang berjudul “Dramatic video…A deadly ambush by the forces of the Government of National Accord against Haftar’s soldiers” yang dipublikasikan pada 3 Juni 2020.

Terlebih lagi, informasi serupa pernah dibahas oleh India Today dengan judul “Fact Check: Violent war video from Libya goes viral as attack on Israeli army” dan dikategorikan sebagai False.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @zain_rajpoot39 (Zain Rajpoot) merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://shorturl.at/akGXY


https://www.indiatoday.in/fact-check/story/israel-hamas-war-fact-check-violent-war-video-from-libya-goes-viral-as-attack-on-israeli-army-2455669-2023-10-30