[SALAH] Prabowo Diduga Terlibat Pencucian Uang 47 T

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Prabowo Subianto terlibat kasus pencucian uang senilai 47 triliun merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, judul tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1700129328.553244/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: β€œGEGER SORE INI || PRABOWO DIDUGA TERLIBAT PENCUCIAN UANG 47 TRILIUN, BISA2 BATAL NYAPRES”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube KABAR NEWS (https://www.youtube.com/@kabarnews672) pada 16 November 2023 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa Prabowo Subianto terseret kasus dugaan pencucian uang senilai 47 triliun. Adanya keterlibatan Prabowo dalam kasus tersebut dinilai akan menggagalkannya sebagai capres pada Pemilu 2024.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya tidak ditemukan informasi mengenai keterlibatan Prabowo dalam dugaan pencucian uang senilai 47 T seperti yang tertulis pada judul unggahan.

Pada kenyataannya, narator dalam video hanya membaca ulang artikel opini yang ditulis oleh Rahmatika di laman Seword.com. Artikel berjudul “Prabowo Cuci Tangan? Bye Gibran!” tersebut telah diunggah pada 18 Oktober 2023. Dalam artikel, Rahmatika beranggapan bahwa Prabowo tidak akan mendeklarasikan Gibran Rakabuming sebagai cawapresnya karena beberapa alasan.

Sumber: seword.com

Sebagai informasi tambahan, seword.com merupakan situs artikel bagi masyarakat luas yang ingin menulis opini-opini mereka, di mana opini sendiri bukanlah sebuah fakta. Namun jika di kemudian hari dapat dibuktikan kebenarannya, maka opini tersebut dapat berubah menjadi sebuah kenyataan atau fakta.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube KABAR NEWS merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://seword.com/umum/prabowo-cuci-tangan-bye-gibran-b7WpTZtyKN