[SALAH] Prabowo Jadikan Gibran sebagai Tumbal untuk Rusak Reputasi Jokowi

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Prabowo menjadikan Gibran sebagai tumbal untuk merusak reputasi Presiden Jokowi merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, judul tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1700014469.241599/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: β€œGEMPAR SIANG INI || PRABOWO PUNYA DENDAM, TERNYATA GIBRAN JADI TUMBAL UNTUK MERUSAK REPUTASI JOKOWI”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube KABAR NEWS (https://www.youtube.com/@kabarnews672) pada 14 November 2023 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa Prabowo Subianto memiliki dendam kepada Presiden Joko Widodo. Selain itu, disebutkan pula bahwa Prabowo telah menjadikan Gibran Rakabuming sebagai tumbal untuk merusak reputasi Jokowi.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya tidak ditemukan informasi mengenai Gibran yang dijadikan tumbal oleh Prabowo seperti yang tertulis pada judul unggahan. Narator dalam video nyatanya hanya membaca ulang artikel opini yang ditulis oleh Xhardy di laman Seword.com. Artikel berjudul “Hati-Hati, Begini Cara Prabowo Ubah Strategi Politik Dan Mulai Berhasil” tersebut telah diunggah pada 24 Juli 2023.

Sumber: seword.com (Website)

Dalam artikel, Xhardy beranggapan bahwa kubu Prabowo memiliki strategi yang sangat terstruktur, sistematis, dan masif. Selain itu, ia juga menyebut bahwa jabatan Menteri Pertahanan yang dimiliki Prabowo adalah batu loncatan untuk mengikuti Pilpres 2024 dengan cara yang berbeda.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube KABAR NEWS merupakan informasi yang salah.

Sebagai informasi tambahan, seword.com merupakan situs artikel bagi masyarakat luas yang ingin menulis opini-opini mereka, di mana opini sendiri bukanlah sebuah fakta. Namun jika di kemudian hari dapat dibuktikan kebenarannya, maka opini tersebut dapat berubah menjadi sebuah kenyataan atau fakta.

=======

[REFERENSI]:

https://seword.com/politik/hati-hati-begini-cara-prabowo-ubah-strategi-aCWXQimZiT