[SALAH] “️Demokrat dan PAN Kompak Kampanyekan Anies sebagai Capres Unggulan di 2024 Mendatang”

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya Partai Demokrat dan PAN sudah secara resmi terdaftar sebagai partai pengusung pasangan Capres Prabowo-Gibran pada pemilihan presiden 2024.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/QDX4-UEQ3

= = =

Narasi:

“️Demokrat dan PAN kompak kampanyekan Anies sebagai capres unggulan di 2024 mendatang. Akhirnya semua ke Anies Baswedan.”

“Syukur alhamdulillah semua dukung Koalisi perubahan dan perbaikan memilih dan CAK IMIN menjadi presiden RI dalam pilpres nanti.Para Ketum Partai Sudah Sangat Tau Kapasitas serta Kemampuan Pak Anies Rasyid Baswedan, Mereka sangat Yakin 2024 Menang jika Mereka tdk Mendukung Pak Anies itu Semata2 karena Kepentingan sesaat, tapi Masyarakat Sudah Mendengar Isi Orasi/Kampanye Ketum Partai PAN & DEMOKRAT mereka Menginginkan PERUBAHAN Semoga Tercapai karena Ucapan adalah Do’a AMIN :muscle::muscle::muscle:”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan di Facebook memberikan informasi bahwa Partai Demokrat dan PAN kompak kampanyekan Anies sebagai capres unggulan pada pemilihan presiden 2024.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa klaim tersebut salah, faktanya Partai Demokrat dan PAN sudah secara resmi sebagai partai pengusung pasangan Capres Prabowo-Gibran pada pemilihan presiden 2024 mendatang, seperti yang ditetapkan oleh KPU pada laman resminya.

Cuplikan beberapa video kampanye ketua umum Demokrat, AHY dan ketua umum PAN, Zulkifli Hasan diambil pada momen yang berbeda dan sedang tidak mengampanyekan dukungan kepada Anies. Cuplikan AHY itu pada saat dirinya menggelar kampanye terbuka di Ciracas, Jakarta Timur pada Maret 2023, serta cuplikan Zulkifli Hasan itu pada saat dirinya mengampanyekan calon Gubernur Gorontalo dari PAN pada 2017.

Narator dalam video tersebut juga tidak memberikan informasi valid yang membuktikan klaim tersebut, hanya membacakan artikel berita dari CNN Indonesia mengenai kader PAN, Sahrin Hamid dan relawannya yang mendukung Anies Baswedan, namun bukan secara resmi partai PAN yang memberikan dukungan tersebut.

Hoaks mengenai Partai Demokrat dan PAN mendukung Anies Baswedan pada pilpres 2024 ini sudah sering beredar di media sosial dan sudah beberapa kali dibantah keasliannya oleh Pemeriksa Fakta Mafindo.

Dengan demikian, Demokrat dan PAN mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024 adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kpu.go.id/berita/baca/12081/kpu-tetapkan-tiga-pasangan-calon-presiden-dan-wakil-presiden-pemilu-2024#:~:text=Pasangan%20Calon%20Presiden%20dan%20Wakil%20Presiden%2C%20Prabowo%20Subianto%2DGibran%20Rakabuming,Partai%20Solidaritas%20Indonesia%2C%20Partai%20Bulan

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230504160810-617-945310/kader-pan-akan-deklarasi-relawan-amanat-indonesia-pendukung-anies

= = =