[SALAH] Sebuah Merek Bihun Mengandung Bahan Plastik, Dibuktikan dengan Dibakar

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya BPOM menyebut bahwa produk yang terbakar dan menyala ketika dibakar tidak dapat langsung dinyatakan mengandung bahan plastik. Produk pangan yang memiliki rantai karbon seperti bihun memiliki kadar air rendah, sehingga terbakar jika disulut dengan api. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/uUN8e

= = =

Narasi:

“Hati2 jangan dibeli produk bihun dibawah ini mengandung bahan plastik jaga kesehatan keluarga kita?”

= = =

Penjelasan:

Sebuah video di Facebook menunjukkan sebuah merek bihun yang sengaja dibakar untuk membuktikan bahwa bihun tersebut mengandung bahan plastik, video tersebut beredar pada 12 Oktober 2023.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa klaim tersebut salah, faktanya BPOM pada Juli 2022 telah membantah video serupa dan menyatakan klaim dalam video tersebut adalah hoaks. Lebih lanjut BPOM menjelaskan bahwa produk makanan yang memiliki ikatan antar atom karbon memiliki kadar air rendah, terutama yang berbentuk tipis dan berpori dapat terbakar jika disulutkan dengan api. Makanan tersebut seperti bihun, mi, kerupuk, dan biskuit.

Produk pangan yang terbakar dan menyala tersebut tidak dapat dijadikan bukti sebagai makanan yang mengandung plastik, untuk memastikan makanan mengandung plastik diperlukan pengujian lebih lanjut di laboratorium.

Dengan demikian, bihun mengandung bahan plastik yang dibuktikan dengan dibakar adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.pom.go.id/penjelasan-publik/penjelasan-badan-pom-tentang-produk-bihun-yang-jika-terbakar-menimbulkan-tetesan-bahan-terbakar-menyala

https://www.instagram.com/p/CgrKWtmvQ4g/?img_index=3

= = =