[SALAH] PERDANA MENTERI ISRAEL TERKENA SERANGAN JANTUNG

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi yang membuktikan bahwa Perdana Menteri Israel mengalami serangan jantung. Foto yang beredar merupakan hasil rekayasa AI.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1699795465.747826/index.html (Tiktok)

=======

[NARASI]:
*Terkini..mengejutkan apabila PM Israel…Benjamin Netanyahu tlh dimasukkan keHospital apabila diserang sakit jantung secara mengejut apabila dimaklumkan ttg ramainya tenteranya yg gugur, banyaknya jentera perangnya yg musnah dan semakin banyak daerah2 diIsrael yg jatuh ketgn tentera Hamas..*#savepalestine #prayforpalestine #fypシ #palestinemerdeka #safepalestine #fyppppppppppppppppppppppp

PM ISRAEL terkena serangan jantung karna pasukan tentara zeonis banyak gugur dan sebagian kota sudah di duduki para mujahidin ALLAHUAKBAR  (dalam video)

=======

[PENJELASAN]:
Akun tiktok dengan nama pengguna @ukhty_eeyraa membagikan sebuah video yang menampilkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sedang terbaring di kasur disertai alat bantu pernapasan dengan narasi yang menyatakan bahwa Perdana Menteri Israel tersebut mengalami serangan jantung.

Dilansir dari kompas.com, foto Netanyahu yang sedang terbaring di kasur dan mengenakan alat bantu pernapasan tersebut merupakan hasil rekayasa teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Netanyahu sebelumnya pernah mengalami gangguan kesehatan pada Juli 2023. Namun, foto yang beredar tersebut tidak mencerminkan kondisi kesehatan Perdana Menteri Israel sebenarnya.

Video siaran berita yang disertakan dalam video tersebut diambil dari video channel youtube AlghadTV berjudul “Netanyahu dibawa ke rumah sakit… dan inilah fakta bahwa dia kehilangan kesadaran” (Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia) yang diunggah pada 15 Juli 2023.

Dalam siaran tersebut memberitakan terkait kondisi kesehatan Netanyahu yang diduga mengalami dehidrasi dan disarankan dokter untuk menjalani pemeriksaan rutin.

Media Israel melaporkan bahwa Netanyahu dipindahkan ke rumah sakit setelah dia merasa tidak enak badan dan mengeluh nyeri dada, dan kemudian dipindahkan ke Sheba Medical Center.

Dalam video wawancaranya bersama ABC News pada 8 November 2023, Natanyahu juga nampak sehat.

Berdasarkan penjelasan di atas, informasi yang menyatakan Perdana Menteri Israel Benjamin Natanyahu mengalami serangan jantung adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/11/11/170644582/hoaks-pm-israel-terkena-serangan-jantung?page=all#google_vignette

https://abcnews.go.com/Politics/white-house-israel-reoccupy-gaza-after-netanyahu-remarks/story?id=104698360