[SALAH] Foto “TAKUT KENA BOIKOT LANGSUNG GANTI NAMA. MATDOLLAH”

Foto editan. Foto tersebut merupakan hasil manipulasi dari foto outlet McDonald’s di Bandara Melbourne.

Selengkapnya di bagian PENEJLASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Instagram Lambe9524 (instagram.com/kiss_lambe) pada 8 November 2023 mengunggah sebuah video berisi foto yang menampilkan sebuah outlet dengan nama “MatDollah’s” dengan logo yang identik dengan logo McDonald’s dengan narasi:

“TAKUT KENA BOIKOT LANGSUNG GANTI NAMA. MATDOLLAH… #sitibadriah #iisdahlia #dewipersik #kartikaputri #kartikaputriworld #nikitawilly #cintalaura #boywilliam #lunamaya #arieltatum
#leslar #leslarlovers #lestykejora #leslarupdate #bungacitralestari #rezarahardian #ayutingting92 #tiktok #tiktokviral #rafinagita1717 #nikitamirzanimawardi_17 #deddycorbuzier #ivangunawan #niaramadhani #drricardlee #artisindonesia #gisellaanastasia #aryasaloka #aryasalokalovers #amandamanopo”

Sumber: https://archive.ph/ZYtfc (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto yang menampilkan sebuah outlet dengan nama “MatDollah’s” dengan logo yang identik dengan logo McDonald’s merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto tersebut merupakan foto editan. Foto tersebut merupakan hasil manipulasi dari foto outlet McDonald’s di Bandara Melbourne.

Foto yang asli, diunggah di situs berbagi foto shutterstock.com pada 9 Desember 2018 dengan narasi: “MELBOURNE AUSTRALIA – DECEMBER 9, 2018: Unidentified people dine at Mcdonalds Melbourne International airport in Melbourne Australia.”

Foto outlet yang sama dengan sudut pengambilan foto yang berbeda diunggah di situs wishurhere.wordpress.com pada 18 Agustus 2014 dengan judul “McDonald’s Melbourne Airport”

REFERENSI
https://www.shutterstock.com/image-photo/melbourne-australia-december-9-2018-unidentified-1271841373
https://wishurhere.wordpress.com/2014/08/19/mcdonalds-melbourne-international-airport/sony-dsc-5838/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo