[SALAH] Baliho Ganjar bernarasi “JANGAN PILIH SAYA SAYA CAPRES BOKEP Korupsi E-KTP WADAS BOKEP harga mati”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Baliho Ganjar bernarasi “JANGAN PILIH SAYA SAYA CAPRES BOKEP Korupsi E-KTP WADAS BOKEP harga mati” merupakan hasil editan. Faktanya, gambar baliho yang asli mengiklankan produk pupuk.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1699416813.685644/index.html

= = = = =

NARASI:
“JANGAN PILIH SAYA
SAYA CAPRES BOKEP
Korupsi E-KTP
WADAS
BOKEP
harga mati”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Facebook โ”€โ”โ—‰ไบฌ๐Ÿ…ข๐Ÿ…ค๐Ÿ…ข๐Ÿ…๐Ÿ…ไบฎโ—‰โ”โ”€ ๐Ÿ‡ธ๐Ÿ‡ฆ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡พโ˜ฏ๏ธโœ๏ธโ˜ช๏ธ๐Ÿ•‰๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ธ ๐Ÿšท๐Ÿšฏ๐Ÿšณ๐Ÿšฑ๐Ÿ”ž๐Ÿ“ต๐Ÿšญ๐Ÿšซ โ˜ข๏ธโ˜ฃ๏ธ๐Ÿ“ด๐Ÿ“ณโœด๏ธ๐Ÿˆท๏ธ๐Ÿˆธ๐Ÿ‰‘ ๐Ÿ˜ณ๐Ÿคฏ๐Ÿคฌ๐Ÿ˜ก๐Ÿ˜ค๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜๐Ÿคฃ โ˜ ๏ธ๐Ÿ’€๐Ÿ‘ป๐Ÿ’ฉ๐Ÿคก๐Ÿ‘บ๐Ÿ‘น๐Ÿ‘ฟ ๐Ÿฅ๐Ÿถ๐Ÿฑ๐Ÿญ๐Ÿน๐Ÿฐ๐Ÿฆ๐Ÿฏ ๐Ÿ‡๐Ÿ‰๐ŸŒ๐Ÿ‹๐ŸŠ๐Ÿ“๐ŸŒฝ๐Ÿฅ‘ ๐Ÿฉ๐Ÿฟ๐Ÿญ๐Ÿฐ๐ŸŽ‚โ˜•๏ธ๐Ÿฅƒ๐Ÿบ ๐ŸŒƒ๐ŸŽ‘๐Ÿž๐ŸŒ…๐ŸŒ„๐ŸŒ‰๐ŸŒ‡๐ŸŽ† ๐ŸŒน๐ŸŒป๐Ÿ๐ŸŒบ๐ŸŒพโ˜˜๏ธ๐ŸŒผ๐Ÿ’ ๐Ÿ›ƒ๐Ÿˆฏ๏ธ๐Ÿ’นใŠ—๏ธ๐Ÿ‰๐Ÿ‰โ™ฟ๏ธ๐Ÿ›… โšพ๏ธ๐Ÿ€๐Ÿ๐Ÿˆ๐Ÿ‰๐ŸŽฑโšฝ๏ธ๐ŸŽพ memposting sebuah baliho foto Ganjar disertai narasi “JANGAN PILIH SAYA SAYA CAPRES BOKEP Korupsi E-KTP WADAS BOKEP harga mati”. Postingan tersebut diunggah pada 4 November 2023.

Setelah ditelusuri menggunakan Yandex ditemukan gambar yang asli pada website brilio.net dalam artikel berjudul “Pemilu sebentar lagi, 11 potret spanduk dikira kampanye ini ternyata promosi dagangan”. Baliho pada Facebook jika bandingkan mempunyai kesamaan yang terlihat dari adanya papan petunjuk lokasi “TK ABA REJODANI” berwarna biru serta beberapa pohon di belakang baliho. Namun jika dilihat baliho yang asli adalah seseorang yang mengiklankan produk pupuk bukan baliho Ganjar.

Dengan demikian baliho Ganjar bernarasi “JANGAN PILIH SAYA SAYA CAPRES BOKEP Korupsi E-KTP WADAS BOKEP harga mati” merupakan hasil editan. Gambar baliho yang asli mengiklankan produk pupuk, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.brilio.net/ngakak/pemilu-sebentar-lagi-11-potret-spanduk-dikira-kampanye-ini-ternyata-promosi-dagangan-230911g/spanduknya-nyaris-kegocek-230911v.html