[SALAH] Putin Berbahasa Arab

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Video tersebut hasil rekayasa artificial intelligence. Faktanya, pada video tersebut Vladimir Putin berbicara menggunakan bahasa Rusia.

[KATEGORI]
Konten yang Dimanipulasi

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1698426087.118885/index.html

[NARASI]
“MENGEJUTKAN PUTIN MENGUNAKAN BAHASA ARAB”

[PENJELASAN]
Beredar sebuah video TikTok yang menampilkan Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dengan bahasa Arab. Putin dalam video itu tampak menggunakan jas berwarna hitam dan dasi yang berwarna hitam. Video TikTok yang berdurasi 34 detik itu telah dilihat 2 juta kali  sejak diposting tanggal 16 Oktober 2023. Faktanya video tersebut tidak benar.

Setelah dilakukan penelusuran menggunakan Google Image Search, ditemukan kemiripan video putin yang menggunakan jas dan dasi berwarna hitam. Video tersebut adalah pidato Putin tentang kemarahannya atas pengkhianatan tentara bayaran Wagner. Kemiripan video dapat dilihat pada saat Putin mengerakkan tubuhnya ke kanan dengan posisi menghadap kamera.

Video aslinya dapat dilihat pada unggahan  akun YouTube The Telegraph pada 24 Juni 2023. Unggahan tersebut berjudul “Putin vows to brutally punish ‘traitor’ Prigozhin and his Wagner mercenaries.” Putin dalam video itu berpidato menggunakan bahasa Rusia.

Sebelumnya sempat viral video Jokowi berbahasa China yang sudah diklarifikasi oleh Kominfo bahwa itu hasil teknologi artificial intelligence. Kominfo mengingatkan masyarakat hati-hati jika mendapatkan informasi yang rawan dimanipulasi. Kominfo mengingatkan masyarakat untuk selalu merujuk ke sumber terpercaya jika mendapatkan informasi.

[REFERENSI]
https://youtu.be/AbCjzL9Y5MQ?si=Jofnskv1d87VjTgn

https://news.detik.com/internasional/d-6790268/putin-marah-sebut-bos-tentara-bayaran-wagner-pengkhianat

https://news.detik.com/berita/d-7003320/beredar-video-jokowi-fasih-mandarin-kominfo-editan-ai-menyesatkan