[SALAH] “Gibran Sungkem Habib Luthfi Amplopnya Jatuh”

Hasil periksa fakta Noy Husain (Relawan mafindo). Sosok yang tampak sungkem kepada Habib Luthfi Yahya dalam video BUKAN Gibran Rakabuming Raka.

===========================================
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan
===========================================

NARASI:
“Gibran Sungkem Habib Luthfi Amplopnya Jatuh”

“Momen saat Gibran Rakabuming Raka Sungkem Habib Luthfi, eh, amplopnya jatuh. Pertanda apakah ini?”

“Mas wali lek ngasih sedekah jngn pke amlop gitu, kelihatan bnget pelitmu.”

“Pertanda apa dan isinya berapa, ya? Video momen saat Gibran Rakabuming Raka sungkem kepada Habib Luthfi bin Yahya.
#gibranrakabumingraka #habibluthfiyahya #pekalongan #calonwakilpresiden”

SUMBER: Twitter (X), TikTok
Tautan:
https://twitter.com/GantineRamane/status/1721080426675286088?t=6pw0Dexk8PQacfOpoWPXaA&s=19
//https://archive.cob.web.id/archive/1699323304.96786/index.html
https://vt.tiktok.com/ZGJoB5kVM/
//https://archive.cob.web.id/archive/1699323304.967938/index.html
https://vt.tiktok.com/ZGJoBXmrW/
//https://archive.cob.web.id/archive/1699323304.967989/index.html

===========================================

PENJELASAN:

Sebuah video beredar di media sosial dengan judul dan subjudul:
“Gibran Sungkem Habib Luthfi Amplopnya Jatuh.” “Momen saat Gibran Rakabuming Raka Sungkem Habib Luthfi, eh, amplopnya jatuh. Pertanda apakah ini?”

Video yang menunjukkan seorang pemuda berbaju putih dan berpeci hitam tengah menyalami dan mencium tangan Habib Luthfi bin Yahya itu pertama kali saya temukan di Twitter (X), disebarkan oleh akun @gantineramane dengan keterangan:
“Mas wali lek ngasih sedekah jngn pke amlop gitu, kelihatan bnget pelitmu.”

Dari word bubble yang tampak pada video yang merupakan ciri khas video TikTok, saya langsung melakukan pencarian sumber video di media TikTok, dan menemukan bahwa video tersebut diperoleh dari akun @gajadompak (BEGU GANJANG). Diunggah pada tanggal 3 November 2023, konten video tersebut sudah ditonton sebanyak 173.9 kali dan disukai oleh 2594 akun.

Bukan hanya oleh akun @gajadompak, ada puluhan akun yang sudah menyebarkan video serupa. Di antaranya yang paling banyak ditonton adalah yang disebarkan oleh akun @gazahariini (Polling Calon Presiden 2024), yang ternyata merupakan pengunggah pertama konten video tersebut. Video diunggah dengan keterangan: “Pertanda apa dan isinya berapa, ya? Video momen saat Gibran Rakabuming Raka sungkem kepada Habib Luthfi bin Yahya. #gibranrakabumingraka #habibluthfiyahya #pekalongan #calonwakilpresiden”

Ketika tangkapan layar saya buat, video yang diunggah pada tanggal 27 Oktober 2023 itu, sudah ditonton sebanyak 3,2 juta kali dan disukai oleh 17,8 ribu akun.

Pencarian berlanjut pada sosok pemuda dalam video yang jika diperhatikan dengan seksama sebenarnya tidak mirip Gibran Rakabuming Raka, dan saya akhirnya menemukan video asli yang diunggah pada tanggal 19 Oktober 2023 oleh akun @arifpez (arifmaulana) dengan keterangan: “Qobitu ijazah Abah Habib Muhammad Luthfi Bin Yahya. Bismillah 2024” (tautan: https://vt.tiktok.com/ZGJoBMuT9/)

Pemilik akun adalah sosok pemuda yang tampak melakukan sungkem pada Habib Luthfi. Melalui konten videonya pada tanggal 29 Oktober 2023, ia mengungkapkan: “Urip lagi kesel-kesele malah dikiro anak Pak Jokowi” “Buzzer nek fitnah gak kiro-kiro :man-facepalming::skin-tone-2:” (tautan: https://vt.tiktok.com/ZGJoBNPNE/).

Dengan demikian judul video “Gibran Sungkem Habib Luthfi Amplopnya Jatuh” adalah keliru dan menyesatkan.
Adapun pemberian amplop pada Habib Luthfi seperti yang tampak dalam video merupakan tradisi lama muslim nusantara, tidak ada hubungannya dengan Pemilu.

Selengkapnya lihat bagian REFERENSI.
===========================================

REFERENSI:
https://islam.nu.or.id/syariah/salah-paham-soal-amplop-kiai-begini-yang-terjadi-sebenarnya-51u1i
https://www.liputan6.com/islami/read/5053123/salah-kaprah-amplop-kiai-dianggap-money-politics-ini-peruntukan-3-amplop-di-kalangan-pesantren