[SALAH] Presiden Israel Ancam Akan Buat Indonesia Seperti Palestina Jika terus Ikut Campur

Hoaks lama yang kembali beredar. Berdasarkan penelusuran dengan kata kunci, tidak ada pernyataan resmi dari Presiden Israel, Isaac Herzog yang akan menyerang Indonesia karena ikut campur urusan Israel dan Palestina.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: TIKTOK (https://archive.fo/6FNsI)

======

[NARASI]:

“ISRAEL BAKAL SERANG INDONESIA..?? Presiden Israel: Bila Terus ikut Campur, Kami Janji Akan Buat Indonesia Seperti Palestina”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun TikTok mengunggah video berisikan narasi yang mengklaim bahwa Presiden Israel, Isaac Herzog mengancam akan membuat Indonesia seperti Palestina jika terus ikut campur.

Berdasarkan penelusuran, informasi dengan narasi yang sama ini sudah beredar setidaknya sejak 2017 lalu. Isu saat itu kala Israel masih dipimpin oleh Presiden Reuven Rivlin dimana ia mengancam akan menyerang Indonesia karena situs-situs mereka dibombardir oleh para peretas yang mayoritas berasal dari Indonesia.

Narasi serupa justru ditemukan dalam video di kanal YouTube Gangpro Gaming pada 19 Juli 2020 yang berjudul “Presiden Israel: Bila Hacker Indonesia Terus Ikut campur, Kami Buat Indonesia Seperti Palestina!”.

Video kanal Gangpro Gaming tersebut bersumber dari artikel Merdeka.com yang berjudul “Diserang hacker Indonesia, Israel ancam lakukan balasan”. Berita yang dimuat pada 22 November 2012 ini menceritakan perang di dunia maya sebagai imbas invasi Israel di wilayah Jalur Gaza, Palestina, ketika itu.

Ketua Umum Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) Andy Budimansyah mengatakan sudah mendengar ancaman dari otoritas internet Israel bahwa mereka bakal melakukan serangan balasan terhadap DNS server Indonesia yang menyasar domain-domain berakhiran .id.

Ia menyebut bahwa belum ada serangan yang dilancarkan hacker Israel ke domain Indonesia. “Sejauh ini belum ada serangan, tapi kemarin memang ada notifikasi dari First Org. Itu lembaga semacam IDSIRTI-nya Israel,” ujarnya pada 23 November 2012.

Berdasarkan pencarian kata kunci, tidak ditemukan pernyataan resmi yang dilontarkan Presiden Israel saat ini, Isaac Herzog yang mengancam akan menyerang Indonesia jika ikut campur masalah Israel dan palestina saat ini.

======

REFERENSI:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/901/fakta-atau-hoaks-benarkah-presiden-israel-janji-bikin-indonesia-seperti-palestina-jika-terus-ikut-campur

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5444309/cek-fakta-tidak-benar-video-presiden-israel-ancam-serang-indonesia-seperti-palestina?page=2

https://tirto.id/israel-ancam-serang-indonesia-jika-terus-ikut-campur-apa-benar-gRG6