[SALAH] DN Aidit dan Anies Baswedan Sama-sama Keturunan Yaman dan Ingin Berkuasa di NKRI

Informasi menyesatkan. DPP Rabithah Alawiyah beserta Maktab Daimi sebagai lembaga resmi pencatatan nasab Alawiyin menyatakan bahwa DN Aidit tidak ada hubungan sama sekali dengan keluarga Al-Aidid, dan hanya kemiripan nama semata.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/guGIH)

======

[NARASI]:

“fakta; sama sama keturunan Yaman, sama sama ingin berkuasa di NKRI dengan cara Ant1tesis pemerintahan yang sah”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook mengunggah video yang menyandingkan foto mantan ketua Partai komunis Indonesia (PKI) dengan foto Anies Baswedan. Dalam narasi klaimnya disebutkan bahwa Aidit dan Anies sama-sama merupakan keturunan Yaman dan sama-sama ingin berkuasa di NKRI dengan cara antitesis pemerintahan yang sah.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim terkiat DN Aidit merupakan keturunan Yaman adalah salah. DPP Rabithah Alawiyah beserta Maktab Daimi sebagai lembaga resmi pencatatan nasab Alawiyin menyatakan bahwa DN Aidit tidak ada hubungan sama sekali dengan keluarga Al-Aidid, dan hanya kemiripan nama semata.

DPP Rabithah Alawiyah telah mengeluarkan surat pernyataa terkait bantahan informasi yang mengaitkan DN Aidit dengan habaib. Surat pernyataan itu dikeluarkan pada Kamis, 21 September 2017.

Dilansir republika.co.id, Ketua Umum Rabithah Alawiyah, Zen Umar Smith menyebut jika DN Aidit bukanlah anak cucu Alawiyyin. Menurutnya, hal itu perlu ditegaskan, karena menyangkut marga Aidid dan salah satu dalang pemberontakan G30S PKI.

Sementara itu, pernah beredar juga isu yang mengklaim bahwa Anies Basweda merupakan keturunan PKI asal yaman. Anies adalah cucu pahlawan nasional Abdurrahman Awad (AR) Baswedan.

Dikutip dari buku Abdul Rahman Baswedan: Karya dan Pengabdiannya (1989) yang ditulis Suratmin, AR Baswedan lahir di Surabaya pada 9 September 1908.

Nama Awad diambil dari ayahnya, sedangkan Baswedan adalah nama keluarganya. Adapun sebutan Baswedan sebagai nama suku atau klan diperkenalkan untuk pertama kalinya di Indonesia oleh kakek AR Baswedan bernama Umar bin Abubakar bin Mohammad bin Abdullah dan kakaknya bernama Ali.

Umar merupakan seorang pria kelahiran Hadramaut yang sekarang dikenal dengan nama Yaman Selatan. Ia datang ke Indonesia untuk berdagang dan menyiarkan agama Islam.

======

REFERENSI:

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/1bV2n0Xb-cek-fakta-dn-aidit-keturunan-arab-yaman-ini-faktanya

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/09/22/141000482/-hoaks-anies-baswedan-keturunan-pki-asal-yaman?page=all