[SALAH] Menekan Bagian Tengah Bawah Hidung untuk Pertolongan Pertama pada Orang yang Hilang Kesadaran

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Informasi menyesatkan. dr. Asa Ibrahim Sp.OT. menjelaskan bahwa tindakan menekan atau menampar orang yang hilang kesadaran tidak akan memperbaiki kondisi yang dialaminya.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.ph/AiHU8 (Twitter)

=====

[NARASI]: “Semoga bermanfaat pren :clap::blush:

[:movie_camera:/aliongaliong45]”

Narasi dalam foto:

“Inilah Pertolongan Pertama Jika hilang kesadaran Karena Kelelahan Sehingga Oksigen Tak Dapat Tersalur Ke Otax, Harus Tekan Bagian Tengah Hidung Biar O2 Mengalir”

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter @kegblgnunfaedh mengunggah cuitan yang melampirkan foto dengan klaim menekan bagian tengah hidung bisa menjadi pertolongan pertama bagi orang yang hilang kesadaran karena kelelahan. Hal ini dikatakan bisa membuat O2 atau oksigen bisa mengalir kembali ke otak.

Akun tersebut juga melampirkan video seorang pria yang mengalami kehilangan kesadaran di kereta dan seorang wanita yang sedang mencoba membantunya. Wanita tersebut terlihat beberapa kali menekan hidung dan menampar pipi sang pria. Tak berselang lama, pria tersebut kembali sadar.

Klaim ini kemudian dibantah oleh dr. Asa Ibrahim Sp.OT. Melalui balasan di akun Twitternya, dr. Asa menjelaskan bahwa tindakan menekan atau menampar orang yang hilang kesadaran tidak akan memperbaiki kondisi yang dialaminya.

Ia menjelaskan bahwa langkah yang harus dilakukan sebagai pertolongan pertama adalah dengan membaringkan di lantai, beri ruang, dan tidak dikerubungi. Selanjutnya bisa lakukan cek nadi leher, jika tidak ada nadi, mulai kompresi dada, jika ada nadi lanjut cek napas. dr. Asa juga menjelaskan tujuh langkah yang bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama CPR pada pasien serangan jantung melalui sebuah infografis.

Dari penjelasan yang dipaparkan oleh dr. Asa, dapat membuktikan bahwa klaim melalui cuitan akun Twitter @kegblgnunfaedh adalah informasi yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

– https://x.com/asaibrahim/status/1720811416469602493?s=20
– https://www.siloamhospitals.com/en/informasi-siloam/artikel/apa-itu-cpr