[SALAH] Foto “Jokowi bvngk4m saat pdip buktikan keinginan nya 3 periode”

Informasi palsu. Foto di awal video itu adalah hasil manipulasi dari foto ketika rapat konsolidasi yag digelar DPP PDI Perjuangan dengan seluruh pengurus DPD PDIP se-Indonesia, Kamis (17/11/2016). Di foto asli tidak terdapat Adian Yunus Yusak Napitupulu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Daily Qinan (fbc.om/100068156016208) pada 30 Oktober 2023 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“Jokowi bvngk4m saat pdip buktikan keinginan nya 3 periode.”

Di awal video tersebut, terdapat foto yang menampilkan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Megawati Soekarnoputri dan Adian Yunus Yusak Napitupulu yang mengenakan baju berwarna putih dan beberapa anggota partai lainnya dengan latar belakang backdrop yang bertulisakan “Pers konfrence 3 periode”

Sumber: https://archive.cob.web.id/archive/1698896088.037922/index.html
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang menampilkan foto yang menampilkan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Megawati Soekarnoputri dan Adian Yunus Yusak Napitupulu yang mengenakan baju berwarna putih dan beberapa anggota partai lainnya dengan latar belakang backdrop yang bertulisakan “Pers konfrence 3 periode” dengan narasi bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) bungkam saat PDI-P buktikan keinginannya untuk menjabat sebagai presiden 3 periode merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto di awal video itu adalah hasil manipulasi dari foto ketika rapat konsolidasi yag digelar DPP PDI Perjuangan dengan seluruh pengurus DPD PDIP se-Indonesia, Kamis (17/11/2016). Di foto asli tidak terdapat Adian Yunus Yusak Napitupulu.

Foto yang asli, salah satunya dimuat di artikel berjudul “Sejumlah Menteri Jelaskan Situasi Politik Terkini ke Pengurus DPD PDIP” yang terbit di situs pdiperjuangan-jatim.com pada 18 November 2016. Dilansir dari artikel ini, Sejumlah menteri dari PDI Perjuangan menghadiri rapat konsolidasi yag digelar DPP PDI Perjuangan dengan seluruh pengurus DPD PDIP se-Indonesia, Kamis (17/11/2016). Rapat konsolidasi ini membahas persiapan jelang pilkada serentak tahun 2017.

Beberapa menteri yang hadir, yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Manusia Puan Maharani.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjelaskan, para menteri tersebut sengaja diundang untuk memberikan gambaran situasi politik nasional kepada pimpinan DPD PDI Perjuangan dari seluruh provinsi yang hadir.

Foto dengan yang identik dimuat di artikel berita berjudul “PDIP Rapat, Mengapa Empat Menteri Hadir?” yang terbit di situs viva.co.id pada 17 November 2016.

REFERENSI
https://pdiperjuangan-jatim.com/sejumlah-menteri-jelaskan-situasi-politik-terkini-ke-pengurus-dpd-pdip/
https://www.viva.co.id/berita/politik/849187-pdip-rapat-mengapa-empat-menteri-hadir

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo