[SALAH] AHY Dilantik Menjadi Menkopolhukam Gantikan Mahfud MD

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi valid yang menjelaskan pelantikan AHY sebagai Menkopolhukam. Foto pada gambar pratinjau dan narasi yang dibacakan dalam video tidak memiliki kaitan dengan klaim yang beredar.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1698490524.616619/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “GEGER PAGI INI || AHY DILANTIK JADI MENKOPULHUKAM GANTIKAN MAHFUD MD”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Kabar News mengunggah video dengan klaim Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) menggantikan Mahfud MD. Klaim ini didukung dengan gambar pratinjau yang menampilkan foto pertemuan AHY dengan Presiden Joko Widodo.

Namun setelah ditelusuri, foto yang ditampilkan pada gambar pratinjau tersebut bukan merupakan foto kebersamaan AHY dengan Jokowi dalam rangka pelantikan AHY sebagai Menkopolhukam. Foto tersebut berasal dari unggahan akun Instagram AHY pada momen silaturahmi yang dilakukan AHY pada 6 Maret 2018 silam.

Selain itu, narasi yang dibacakan pada video tidak menjelaskan mengenai klaim yang beredar. Narator hanya membacakan ulang artikel opini yang diunggah oleh Jaya Wijaya pada situs Seword. Artikel yang berjudul “Jokowi Angkat AHY Demi “Tampar” Mega- Paloh? Dendam Itu Gak Baik Pak Jokowi!!” ini membahas tentang isu penunjukkan AHY sebagai Menteri Pertanian pada reshuffle kabinet selanjutnya.

Dari gambar pratinjau dan narasi yang ada pada video tersebut tidak memiliki kaitan dengan klaim pelantikan AHY menjadi Menkopolhukam. Sehingga video ini merupakan konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.instagram.com/p/Bf-TQRhjcKg/?utm_source=ig_embed&ig_rid=04e67d3d-2a93-42fb-906d-d2186c5c4037&ig_mid=163C4775-C264-4626-8CDF-686E77CD591A&img_index=7
– https://seword.com/politik/jokowi-angkat-ahy-demi-tampar-mega-paloh-FuR5w7Qgzi