[SALAH] TENTARA ARAB SAUDI MENUJU PALESTINA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut merupakan video konvoi warga Arab Saudi yang sedang merayakan hari jadi negara Arab Saudi ke-93 tahun pada September 2023 yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1698234330.593055/index.html (Tiktok)

=======

[NARASI]:
TENTARA ARAB SAUDI SUDAH OTW PALESTINA

KIRA KIRA INDONESIA KAPAN YAA…

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari akun tiktok dengan nama pengguna pph7755 menampilkan rombongan kendaraan yang membawa bendera Arab Saudi melintasi jalanan yang membelah bukit dengan narasi yang menyatakan bahwa rombongan tersebut merupakan rombongan iring-iringan tentara Arab Saudi yang menuju Palestina.

Setelah ditelusuri, ditemukan video identik dari akun tiktok bernama abdullahalfifi0 pada 27 September 2023. Dalam video tersebut terdapat tanda pagar berbahasa Arab yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berbunyi #Hari_Nasional_Saudi93.

Melansir tempo.co, Video tersebut merupakan video konvoi warga yang sedang merayakan hari jadi negara Arab Saudi ke-93 tahun pada September 2023 dan bukanlah video rombongan tentara Arab Saudi yang menuju Palestina.

Dengan demikian, klaim narasi yang disebarluaskan oleh akun tiktok pph7755 tidak ada kaitanya dengan cuplikan video yang ditampilkan sehingga termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2522/keliru-video-tentara-arab-saudi-bergerak-menuju-palestina