[SALAH] Video “Jokowi Batalkan Gibran, MK Putuskan 70 Thn, Prabowo Gagal”

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya pemberitaan valid mengabarkan bahwa Presiden Jokowi merestui anaknya, Gibran, untuk maju sebagai Cawapres, selain itu MK menolak tuntutan batas usia Capres 70 tahun dan Prabowo bersama Gibran sudah mendaftar ke KPU sebagai Capres dan Cawapres pada Pilpres 2024. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/6STE-GRMN

= = =

Narasi:

“MK PUTUSKAN 70 THN, PRABOWO G4GAL – GIBRAN GEL4NDANGAN”

“BERITA TERBARU. JOKOWI BATALKAN GIBRAN. MK PUTUSKAN 70 THN, PRABOWO GAGAL.”

= = =

Penjelasan:

Postingan di Facebook mengunggah sebuah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa Jokowi membatalkan Gibran, serta mengklaim bahwa MK putuskan batas usia capres 70 tahun. Diketahui Prabowo memutuskan Gibran sebagai Cawapresnya dan terdapat gugatan ke MK untuk batas usia maksimal capres menjadi 70 tahun.

Setelah ditelusuri klaim tersebut tidak mendasar. Faktanya dari berbagai sumber memberitakan bahwa Presiden Jokowi merestui anaknya, Gibran Rakabuming, sebagai Cawapres dari Prabowo Subianto. Selain itu, CNBC Indonesia pada 23 Oktober 2023 mengabarkan bahwa MK menolak gugatan batas usia maksimal capres 70 tahun.

Diketahui pada 25 Oktober 2023 ini, pasangan Prabowo – Gibran telah resmi mendaftar ke KPU sebagai pasangan Capres – Cawapres pada Pilpres 2024 sehingga narasi yang menyebut bahwa Prabowo dan Gibran batal dan gagal mengikuti kontestasi Pilpres 2024 adalah klaim yang tidak benar.

Video yang diunggah dalam postingan tersebut hanya berisi potongan-potongan dari video lain terkait pandangan ahli mengenai MK jika putuskan batasan usia 70 tahun. Pada awal video juga memperlihatkan potongan dari penyampaian dissenting opinion Saldi Isra, Wakil Ketua MK, saat putusan MK terkait minimal usia capres 40 tahun atau berpengalaman sebagai kepala daerah kepala daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Tidak ditemukan pernyataan dalam video yang menjadi bukti dari klaim dalam narasi di judul dan thumbnail.

Dengan demikian, Jokowi batalkan Gibran hingga MK putuskan 70 tahun dan Prabowo Gagal jadi capres adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.id/baca/polhuk/2023/10/22/jokowi-restui-prabowo-pilih-gibran

https://www.detik.com/jatim/berita/d-6995563/jokowi-restui-gibran-cawapres-puan-bilang-begini

https://visual.republika.co.id/berita/s32mkv491/resmi-prabowo-dan-gibran-mendaftar-ke-kpu

https://news.detik.com/berita/d-7000210/prabowo-gibran-daftar-pilpres-ke-kpu-hari-ini-hingga-deklarasi-psi-dukung-prabowo-gibran

https://www.cnbcindonesia.com/news/20231023115540-4-482824/sah-mk-tolak-gugatan-batas-usia-maksimal-capres-70-tahun

= = =