[SALAH] BADAI MENGHANCURKAN ISRAEL

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video dalam klaim tersebut hanya berisi potongan dari beberapa peristiwa badai yang sebelumnya sudah pernah beredar di internet.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1698081866.218482/index.html (Tiktok)

=======

[NARASI]:
senjata alloh menghancurkan israel
allohu akbar

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari akun tiktok bernama yuliafitria16 yang menampilkan badai yang menghantam suatu wilayah dengan narasi yang menyatakan bahwa badai tersebut menghantam wilayah Israel.

Setelah dtelusuri, ditemukan beberapa video identik dengan cuplikan video yang ditampilkan dalam video klaim tersebut.

Awal video yang menampilkan sebuah bangunan dengan gedung tinggi di belakangnya tersebut identik dengan video unggahan channel youtube Tornado Trackers berjudul “Hurricane Matthew – Melbourne & Jacksonville, FL” yang diunggah pada 9 Oktober 2016.

Berikutnya, potongan video yang menampilkan sebuah gedung olah raga yang diterjang badai tersebut identik dengan video yang dibagikan oleh akun youtube resmi CNBC-TV18 berjudul “Typhoon Doksuri Rips Roof Tiles Off China Sports Centre | CNBCTV18” yang dimuat pada 28 Juli 2023.

Cuplikan selanjutnya yang menayangkan sejumlah kendaraan berada di tengah badai identik dengan video yang dimuat channel youtube Amusement house berjudul “Rain #like #share #subscribe #beautiful #viral” yang tayang pada 12 Juli 2023.

Berdasarkan hasil penelusuran di atas, video dengan klaim narasi badai menghantam wilayah Israel tersebut adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2519/keliru-video-badai-hancurkan-israel-setelah-menyerang-palestina-pada-oktober-2023