[SALAH] VIRAL DI SURABAYA!! TIBA-TIBA MUNCUL GUNUNG API AKTIF DI TENGAH KOTA SURABAYA JATIM

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim muncul gunung aktif secara tiba-tiba di Surabaya. Gunung yang dimaksud dalam unggahan tersebut adalah Gunung Anyar. Sedangkan bedasarkan penelitian mahasiswa Jurusan Fisika ITS, gunung tersebut adalah gunung lumpur bukan gunung api aktif yang tiba-tiba muncul.

=========
[KATEGORI]: Konten Menyesatkan.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1697375035.61406/www.tiktok.com/%40panorama_09/video/7287063692137532678.html (TikTok)

=====
[NARASI]: “VIRAL DI SURABAYA!! TIBA-TIBA MUNCUL GUNUNG API AKTIF DI TENGAH KOTA SURABAYA JATIM”

============
[PENJELASAN]:
Akun TikTok panorama_09 pada 7 Oktober 2023 mengunggah video dengan sampul yang memuat narasi “VIRAL DI SURABAYA!! TIBA-TIBA MUNCUL GUNUNG API AKTIF DI TENGAH KOTA SURABAYA JATIM”. Unggahan yang berdurasi 1 menit 49 detik itu menyampaikan bahwa terdapat gunung berapi aktif di tengah Kota Surabaya yaitu yang dikenal orang atau warga setempat dengan nama Gunung Anyar. Video tersebut menyatakan terdapat bekas kawah yang kemudian disimpulkan bahwa daerah tersebut merupakan gunung api yang masih aktif.

Unggahan TikTok tersebut telah disanggah dengan artikel dari kompas.com yang berjudul “Viral, Video Sebut Gunung Api Aktif Muncul di Surabaya, Benarkah?” pada 10 Oktober 2023. Artikel tersebut didasarkan pada hasil penelitian mahasiswa Jurusan Fisika dari ITS yang menyebutkan bahwa Gunung Anyar adalah Mud Volcano (gunung lumpur) yang berkaitan dengan minyak dan gas bumi, struktur patahan, serta potensi bencana bukan gunung api yang aktif yang tiba-tiba muncul namun sudah ada sejak lama.

==========
[REFERENSI]:
https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpfa/article/view/159
– https://www.kompas.com/tren/read/2023/10/10/100000665/viral-video-sebut-gunung-api-aktif-muncul-di-surabaya-benarkah-?page=all#page2