[SALAH] DI LUAR DUGAANTAK MAU JD PETUGAS PARTAI GIBRAN RESMI MENGUNDURKAN DIRI DARI WALI KOTA DKUNG ANIES

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim Gibran mengundurkan diri dari Wali Kota Solo untuk mendukung Anies Baswedan. Cover dan judul dalam unggahan tersebut telah dimanipulasi. Isi narasi yang disampaikan tidak menyampaikan Gibran mundur dari Wali Kota Solo akan tetapi menyampaikan berita tentang Gibran menjadi salah satu calon wakil presiden terkuat dari Prabowo.

=========
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1697676965.791149/youtu.be/hcWe5Z1MCU0%40si%3Df_FO_Yj5HRkgASh4.html (Youtube)

=====
[NARASI]: “DI LUAR DUGAANTAK MAU JD PETUGAS PARTAI GIBRAN RESMI MENGUNDURKAN DIRI DARI WALI KOTA DKUNG ANIES”

============
[PENJELASAN]:
Akun Suara Rakyat pada 18 Oktober 2023 mengunggah video yang berjudul “DI LUAR DUGAANTAK MAU JD PETUGAS PARTAI GIBRAN RESMI MENGUNDURKAN DIRI DARI WALI KOTA DKUNG ANIES”. Unggahan yang berdurasi 8 menit 17 detik itu tidak menyampaikan perihal kemunduran Gibran sebagai Wali Kota Solo. Akan tetapi narasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut menyampaikan berita yang berbeda dengan judul. Tidak ada pernyataan tentang kemunduran Gibran untuk mendukung Anies dalam pilpres 2024.

Narasi pada unggahan tersebut adalah sebuah artikel berita dari detik.com yang berjudul “Gibran Jadi Kandidat Cawapres Prabowo, Anies Ngaku Siap Lawan Siapapun” pada 15 Oktober 2023. Artikel tersebut berisi tentang tanggapan tanggapan Anies Baswedan mengenai Gibran sebagai kandidat terkuat cawapres Prabowo. Dalam artikel tersebut Anies menyatakan siap melawan siapapun yang menjadi lawan politiknya dalam pilpres 2024. Artikel tersebut juga menyebutkan 4 nama kandidat yang akan menjadi cawapres Ganjar pada pilpres 2024 yaitu, Ridwan Kamil, Khofifah, Yusril Ihza, dan Gibran.

==========
[REFERENSI]:
– https://news.detik.com/pemilu/d-6983320/gibran-jadi-kandidat-cawapres-prabowo-anies-ngaku-siap-lawan-siapapun.