[SALAH] Surya Paloh Terciduk Korupsi Di Kementan

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Surya Paloh terciduk korupsi di Kementan adalah konten yang tidak benar. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:https://archive.cob.web.id/archive/1698023863.297454/index.html

====
[NARASI]: “GEGER SORE INI || 100 MILYAR LUD£S, SURYA PALOH T£RCYDUK K0RUP$I DI KEMENTAN”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Kabar News” mengunggah video dengan klaim bahwa 100 Milyar ludes, Surya Paloh terciduk korupsi di Kementan. Faktanya tidak ada bukti valid mengenai hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Video hanya membahas kasus korupsi yang dilakukan Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang merupakan salah satu kader partai Nasdem. Ternyata narator hanya membacakan narasi dari ayobandung.com yang berjudul “Diseret Syahrul Yasin Limpo dalam Kasus Korupsi di Kementan, Partai NasDem Beri Tanggapan Menohok!”.

Video berdurasi 8 menit tersebut sama sekali tidak membahas penangkapan Surya Paloh atas dugaan korupsi yang dilakukannya. Setelah dilakukan penelusuran, tidak ada bukti valid terkait klaim tersebut. Dilansir dari cnnindonesia.com, tidak ada bukti aliran dana korupsi yang masuk ke rekening partai. Uang hasil korupsi digunakan SYL untuk kepentingan pribadi seperti membayar cicilan kartu kredit dan pembelian mobil Alphard.

==========

[REFERENSI]

[1] https://www.ayobandung.com/umum/7910563373/diseret-syahrul-yasin-limpo-dalam-kasus-korupsi-di-kementan-partai-nasdem-beri-tanggapan-menohok
[2] https://www.cnnindonesia.com/nasional/20231012084933-12-1010180/kpk-usut-dugaan-duit-kasus-syl-mengalir-ke-partai-nasdem-buka-suara