[SALAH] Anies Baswedan Mendapat Karma atas Perilakunya

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Anies Baswedan mendapatkan karma atas perilakunya selama ini merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, judul dan thumbnail tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1697804002.363116/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “AZAB NYATA !! INI KARMA UNTUK ANIES ATAS PERILAKUNYA SELAMA INI ??”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube PILIHAN RAKYAT (https://www.youtube.com/@PILAR_144) pada 15 Oktober 2023 mengunggah video yang mengklaim bahwa Anies Baswedan mendapatkan karma atas perilakunya selama ini. Selain itu, dalam thumbnail juga tertulis bahwa ganjaran untuk Anies akhirnya dibayar tunai.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya tidak ditemukan adanya informasi mengenai karma yang diterima oleh Anies seperti yang tertulis pada judul unggahan. Narator dalam video nyatanya juga hanya membaca ulang artikel opini yang ditulis oleh Daeng yang kemudian diunggah di laman Seword.com.

Artikel dengan judul “Nasdem Benar-Benar Kena Sial Karena Angkat Anies? Walikota Makassar Keluar dari Nasdem” tersebut telah diunggah pada 3 Juli 2023. Dalam artikel, Daeng menulis tanggapannya mengenai pencalonan Anies Baswedan sebagai Capres 2024 yang diusung oleh Partai Nasdem.

Sumber: Seword.com

Lebih lanjut, Daeng menulis bahwa Partai Nasdem telah terkena sial karena mendukung Anies menjadi Capres 2024. Daeng juga menyebutkan bahwa Partai Nasdem adalah partai yang tidak beres karena mengangkat Anies sebagai calon presiden, padahal Anies sendiri bukanlah kader Nasdem.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube PILIHAN RAKYAT merupakan informasi yang salah.

Sebagai informasi tambahan, seword.com merupakan situs artikel bagi masyarakat luas yang ingin menulis opini-opini mereka, di mana opini sendiri bukanlah sebuah fakta. Namun jika di kemudian hari dapat dibuktikan kebenarannya, maka opini tersebut dapat berubah menjadi sebuah kenyataan atau fakta.

=======

[REFERENSI]:

https://seword.com/politik/nasdem-benar-benar-kena-sial-karena-angkat-anies-NhcP7T2fzR