[SALAH] Langsung Diazab Hingga Begini, Kini Nasib Arteria Dahlan Sangat Memprihatinkan

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Arteria Dahlan mendapat azab hingga kondisi memprihatinkan adalah konten yang dimanipulasi. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi mengenai hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:https://archive.cob.web.id/archive/1697938701.264025/index.html

====
[NARASI]: “VIRAL PAGI INI !! LANGSUNG DIAZAB HINGGA BEGINI, KINI NASIB ARTERIA DAHLAN SANGAT MEMPRIHATINKAN”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “DUA SISI” mengunggah video dengan klaim bahwa Arteria Dahlan mendapat azab hingga kondisi memprihatinkan. Faktanya tidak ada bukti kredibel mengenai hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Dalam video tersebut membahas mengenai ketegangan yang terjadi antara Arteria dengan Mahfud MD terkait transaksi janggal Rp 349 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Ternyata narator hanya membacakan narasi milik detik.com yang berjudul “Arteria Tak Berani Terima Tantangan Mahfud, tapi Akan Tetap Hadir Rapat”.

Dalam video berdurasi 8 menit 5 detik tersebut sama sekali tidak menyinggung kondisi Arteria. Diketahui gambar dalam thumbnail hanyalah editan. Setelah dilakukan penelusuran terdapat gambar yang identik seperti pada thumbnail. Bersumber dari Keepo.me, gambar tersebut merupakan seorang wanita bernama Mercedes Talamantes yang sedang menderita sakit tumor di bagian perutnya. Dapat disimpulkan unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.

==========

[REFERENSI]

[1] https://news.detik.com/berita/d-6639458/arteria-tak-berani-terima-tantangan-mahfud-tapi-akan-tetap-hadir-rapat
[2] https://keepo.me/viral/viral-foto-wanita-hamil-11-bayi-padahal-fakta-dibaliknya-sungguh-ngeri/