[SALAH] Video Pelepasan Pasukan TNI ke Palestina

Informasi menyesatkan. Video tersebut adalah video pemberangkatan Batalyon 712 Satgas Pamtas RI-PNG, dan pasukan TNI penjaga perdamaian di Lebanon pada akhir tahun 2022 lalu.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: TWITTER (https://archive.fo/mhyVb)

======

[NARASI]:

“Haru biru tangis para istri pahlawan jihad kita TNI yang akan bertugas ke palestina kita Do’akan semoga beliau selalu dalam lindungannya di beri kekuatan lahir dan batin..”

======

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video di media sosial Twitter yang memperlihatkan sejumlah pasukan TNI di dermaga pelabuhan yang diklaim akan berangkat ke Palestina.

Berdasarkan penelusuran, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda Julius Widjojono membantah kebenarannya.

“Video tersebut adalah video pemberangkatan Batalyon 712 Satgas Pamtas RI-PNG dan pasukan TNI penjaga perdamaian di Lebanon,” ujarnya dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Menurut Julius, penugasan prajurit TNI ke berbagai negara yang sedang berkonflik adalah sebagai penjaga perdamaian di bawah payung PBB. Pengiriman pasukan itu dilakukan sesuai Pembukaan UUD 45, yaitu ikut serta dalam ketertiban dunia.

Eks Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) menjelaskan, terkait dua video tersebut sebenarnya memang ada pengerahan prajurit. Namun, narasi dalam video tidak tepat. Pasalnya, tidak ada prajurit TNI yang dikirim ke Palestina.

“Video yang diunggah adalah video keberangkatan Yonif Raider 712/Wiratama di Dermaga Bitung Sulawesi Utara, saat akan berangkat tugas pengamanan perbatasan RI-PNG pada bulan November 2022 dengan jumlah 450 prajurit, dan Satgas Perdamaian Unifil dibawah PBB yang bertugas di Lebanon beberapa tahun yang lalu,” ucap Julius.

======

REFERENSI:

https://tni.mil.id/view-232318-klarifikasi-video-tni-berangkat-penugasan-ke-palestina-kapuspen-tni-nyatakan-hoaks.html

https://news.republika.co.id/berita/s2pc5i484/beredar-video-prajurit-tni-berangkat-ke-palestina-kapuspen-pastikan-hoaks