[SALAH] MAHASISWA SE-SUMATERA MENUJU JAKARTA, AKAN ADA DEMO 20 OKTOBER 2023 MENDATANG UNTUK LENGSERKAN JOKOWI

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya sampai hari ini, tidak ada informasi yang turut mengabarkan mengenai rencana aksi demonstrasi yang melibatkan mahasiswa dalam rangka melengserkan Presiden Jokowi.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/ Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: TWITTER

https://archive.fo/XaJM6

=====

[NARASI]:

“Mahasiswa  SE sumatra  akan datang ke Jakarta tanggal 20 Oktober semoga Jokowi lengser.”

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah cuitan di media sosial Twitter, menyebarkan sebuah kabar bahwa mahasiswa se-Sumatera akan datang ke Jakarta untuk melengserkan Jokowi pada 20 Oktober 2023 mendatang. Cuitan ini juga disertai dengan sebuah video demo mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Sejak diunggah pada 15 Oktober 2023, unggahan ini telah ditonton sekitar lebih dari 1400 kali dan diunggah ulang sebanyak lebih dari 47 kali oleh pengguna media sosial Twitter. Namun benarkah akan ada demo besar-besaran oleh mahasiswa pada 20 Oktober 2023 mendatang?

Setelah menelusuri mengenai kebenaran informasi ini, ditemukan beberapa kekeliruan yang terkandung di dalamnya. Pertama, sampai saat ini tidak ada informasi yang dapat membenarkan kabar mengenai akan dilangsungkannya demonstrasi mahasiswa pada tanggal 20 Oktober 2023 mendatang di Jakarta. Hal ini juga mematahkan klaim yang menyebutkan bahwa mahasiswa se-Sumatera akan menuju Jakarta untuk berdemo.

Kedua, mengenai video yang dilampirkan di dalam cuitan. Setelah melakukan penelusuran mengenai video tersebut, ditemukan fakta bahwa video tersebut merupakan salah satu dari banyaknya cuplikan video demontrasi mahasiswa yang terjadi pada April 2022 lalu. Demontrasi yang cukup besar ini terjadi setelah adanya wacana untuk melakukan penundaan pemilu serta isu jabatan presiden 3 periode.

Jadi dapat disimpulkan, informasi yang menyebutkan bahwa mahasiswa se-Sumatera akan menuju Jakarta untuk berdemo melengserkan Jokowi pada 20 Oktober 2023, merupakan informasi yang tidak terbukti dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

https://www.rmoldkijakarta.id/bem-ui-ada-kepentingan-oligarki-dibalik-penundaan-pemilu

https://www.suara.com/news/2022/03/28/185313/mahasiswa-ancam-demo-besaran-besaran-jika-wacana-penundaan-pemilu-dilakukan

https://x.com/H4T14K4LN4L42/status/1713566162028777757?s=20