[SALAH] Mayjen TNI Kunto Siap Tumpas PKI Jika Pemilu 2024 Curang

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Tidak ditemukan pernyataan resmi Mayjen Kunto Arief Wibowo tentang penumpasan PKI jika terjadi kecurangan pada Pemilu 2024. Justru, Mayjen Kunto menghimbau agar berkomunikasi politik dengan baik dan tidak provokatif.

[KATEGORI]
Konten yang Menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1697470595.746149/index.html

[NARASI]
“BRAVO TNI
MAYJEN KUNTO PUTRA MANTAN
WAPRES TRI
SUTRISNO SIAP TUMPAS PKI BILA PIMILU 2024 CURANG DARAH SILIWANGI MENGALIR PADANYA”

[PENJELASAN]
Sebuah video TikTok menampilkan klaim bahwa Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo akan menumpas Partai Komunis Indonesia (PKI), jika terjadi kecurangan pada Pemilu 2024. Video itu berisi rangkaian video TNI yang ditambahkan dengan narasi seperti pada klaim. Faktanya, tidak ditemukan pernyataan resmi dari Kunto Arief Wibowo terkait penumpasan PKI.

Dilansir dari Merdeka.com, pada bulan Mei 2023 menyampaikan himbauan agar berkomunikasi politik dengan baik dan tidak provokatif. “Pada era kini, berkomunikasi politik harus disadari dan didasari dengan kesadaran tinggi terhadap makna kebersamaan dalam persatuan dan kesatuan kebangsaan kita,” pernyataan itu sampaikan melalui unggahan di Instagram resmi @kodamsiliwangi.

Dilansir dari Sindonews.com, sebelum dimutasi Kunto Arief Wibowo selaku Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi membuat tulisan opini berjudul “Etika Menuju 2024,” yang memaparkan tentang persoalan kondisi kebangsaan, khususnya terkait dengan pemilu yang akan diselenggarakan pada tahun 2024 mendatang. Tidak ditemukan opini atau pernyataan Kunto terkait PKI.

[REFERENSI]
https://www.merdeka.com/trending/senyum-manis-mayjen-tni-kunto-arief-wibowo-bicara-soal-etika-menuju-2024.html

https://www.google.com/amp/s/nasional.sindonews.com/newsread/1159163/14/sebelum-dimutasi-panglima-tni-putra-try-sutrisno-bikin-tulisan-opini-terkait-pemilu-2024-1690186059