[SALAH] Kemunculan Awan Panas di Aceh

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Kemunculan awan panas di Aceh tersebut diklarifikasi langsung dari pemerintah Aceh jika awan tersebut hanya merupakan busa limbah sabun.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://archive.cob.web.id/archive/1697476978.842941/index.html 

===========

[NARASI]: “ Awan panas turun ke bumi di Kota Janto Aceh.”

===========

[PENJELASAN]: Pada 9 Oktober 2023 lalu muncul unggahan video di Facebook yang membagikan video tentang kemunculan sebuah gumpalan putih yang disebut “awan panas” jatuh di Jantho, Aceh.

Video tersebut mendapatkan respon langsung dari pemerintah Aceh, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar, Iskandar Ali mengatakan jika itu adalah video tahun lalu dan merupakan limbah sabun.

Plt Kadisdikbud Aceh Besar, Agus Jumaidi juga mengatakan, bahwa video yang tersebar adalah lembah doorsmer yang dibuang ke dalam aliran sungai di kawasan wisma atlet tersebut. Wisma Atlet sendiri berada di bawah pengelolaan Disdikbud. Dia menjelaskan, sekitar 50 meter dari lokasi munculnya gumpalan awan tersebut terdapat salah satu doorsmeer atau tempat pencucian mobil terbesar yang ada di kota Jantho.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat dipastikan jika unggahan tersebut merupakan informasi yang tidak benar karena sudah diklarifikasi langsung dari pemerintah Aceh jika awan yang dimaksud adalah hasil limbah doorsmer.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.beritasatu.com/network/waspadaaceh/33303/fenomena-gumpalan-awan-di-aceh-besar-ketua-dprk-itu-hoaks-video-tahun-lalu

https://aceh.tribunnews.com/2023/10/10/heboh-gumpalan-menyerupai-awan-di-wisma-atlet-jantho-ternyata-berasal-dari-ini?page=2