[SALAH] Video Ibu Felix Korban Bullying di Cilacap Mengamuk Saat Bertemu Pelaku

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya video tersebut bukan ibu dari korban bullying di Cilacap, melainkan kasus bullying yang berbeda yang terjadi di Cirebon. Sehingga video tersebut tidak ada kaitannya dengan kasus bullying terhadap Felix yang terjadi pada akhir September 2023. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Instagram

https://ghostarchive.org/archive/1Syxb

= = =

Narasi:

“Momen orang tua korban bertemu dengan pelaku, kabarnya orang tua korban sampai tak mau makan karena melihat anaknya yang sedang sakit. Namun sekarang kondisinya berangsur membaik. Buat felix cepet sembuh yaa :innocent:”

= = =

Penjelasan:

Video di Instagram menunjukkan seorang ibu mengamuk yang diduga merupakan orang tua dari Felix, korban pembullyan, di Cilacap, ia mengamuk saat bertemu dengan pelaku pembullyan. Diketahui video pembullyan terhadap Felix di Cilacap sebelumnya viral pada 26 September 2023.

Setelah ditelusuri video tersebut berbeda konteks dengan kasus bullying di Cilacap, faktanya konteks video tersebut adalah ibu dari korban bullying di Cirebon saat dimediasi bertemu dengan pelaku bullying dan orang tuanya. Video tersebut sebelumnya sudah terpublikasi di TikTok pada 2 September 2023, sedangkan video Felix viral pada 26 September 2023.

Dengan demikian, video ibu Felix korban bullying di Cilacap mengamuk saat bertemu pelaku adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://jateng.tribunnews.com/2023/09/29/hoaks-video-ibu-ngamuk-di-sekolah-dikaitkan-kasus-bullying-smp-di-cilacap-ternyata-kasus-cirebon

https://trends.tribunnews.com/2023/09/29/felix-korban-bullying-smp-di-cilacap-trauma-usai-dianiaya-kakak-kelas-akankah-pindah-sekolah?page=all

= = =