[SALAH] Megawati Resmi Tetapkan Mahfud MD Sebagai Calon Wakil Presiden Mendampingi Ganjar Pranowo

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari koalisi partai terkait dengan penetapan calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024 mendatang.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: TIKTOK

archive.fo/PxUVW

[NARASI]:

โ€œSELAMAT BUAT GANJAR-MAHFUD, MEGAWATI RESMIKAN PASANGAN INI MAJU DI-PILPRES 2024โ€

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video melalui media sosial Tiktok, yang menampilkan sebuah informasi yang menyebutkan bahwa telah ditetapkan Cawapres untuk Ganjar Pranowo pada pemilihan presiden di tahun 2024 mendatang. Dalam videonya, akun dengan nama NU21 ini juga turut menambahkan narasi yang berbunyi sebagai berikut: โ€œSELAMAT BUAT GANJAR-MAHFUD, MEGAWATI RESMIKAN PASANGAN INI MAJU DI-PILPRES 2024โ€. Benarkah Mahfud MD resmi menjadi pendamping Ganjar pada Pilpres 2024?

Setelah melakukan penelusuran terkait kebenaran Mahfud MD yang akan menjadi calon wakil presiden mendampingi Ganjar Pranowo, tidak ditemukan sebuah informasi yang dapat mengklarifikasi kebenaran informasi tersebut. Saat ini, Mahfud MD memang menjadi nama yang santer disebut sebagai cawapres untuk capres yang akan maju pada Pilpres 2024 mendatang. Namun, sampai saat ini, belum ada penetapan yang dilakukan untuk hal tersebut dari partai pengusung capres Ganjar Pranowo, seperti yang disebut di dalam video.

Jika menelisik dari narasi yang dibacakan di dalam video tersebut, pendengar juga dapat menemukan bahwa nama Mahfud MD dalam hal ini masih menjadi salah satu dari 3 nama dalam bakal cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo. Nama Mahfud itu diungkap oleh Ketua DPP PDI-P Puan Maharani usai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Sekolah Partai DPP PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/6/2023). Meskipun menjadi calon terkuat yang gencar dibicarakan oleh masyarakat, sampai artikel ini dibuat, belum ada konfirmasi resmi apapun mengenai Mahfud MD yang resmi ditetapkan sebagai cawapres dari Ganjar Pranowo.

Jadi dapat disimpulkan, informasi yang menyebutkan Mahfud MD resmi menjadi cawapres mendampingi Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024 merupakan sebuah informasi yang salah dan termasuk ke dalam kategori konten menyesatkan atau misleading content.

=====
[REFERENSI]:

https://nasional.kompas.com/read/2023/06/09/12231461/masuk-sebagai-kandidat-cawapres-ganjar-mahfud-md-biasa-saja

https://www.liputan6.com/news/read/5402897/headline-nama-mahfud-md-menguat-jadi-cawapres-ganjar-pranowo-peluangnya?page=2