[SALAH] Akun WhatsApp Sekda Kabupaten Gunungkidul Sri Suhartanta

Hasil periksa fakta Rahmah an.

Kominfo Gunungkidul menjelaskan akun tersebut bukan milik Sekda Gunungkidul Sri Suhartanta.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: WhatsApp

NARASI:
“Assalamualaikum apa benara ini dengan salah satu pengurus MDT AL MUQORROBIN alamat Jl Sumber Agung,Tawarsari,rt002/018,Gunungkidul
Apakah benar ini dengan bapak MUSTOFA ROFII
Perkenalkan saya BPK Sri Suhartanta sekretaris daerah kabupaten gunungkidul
iya bapak maksud dan tujuan saya menghubungi bapak saat ini guna untukmenyampaikan prihal bantuan donasi yang dibagikan oleh Pemkab”
“Prosedurnya bagaimana”
“Donasi yang dibagikan per 5 tahun sekali dan dipruntukan ke seluruh tempat ibadah dan Pondok Pesantren dan MDT khsusunya di wilayah Pemkap gunung kidul
Baik bapak jika rekening atas nama lembaga sudah ada bisa dikirimkan ya pak untuk nomor rekening beserta foto bukunya guna proses penyaluran donasi nanti”

===
PENJELASAN:
Beredar akun WhatsApp Sekretaris Daerah Gunungkidul Sri Suhartanta bernomor 0813-2987-7452. Akun tersebut mengirimkan pesan kepada salah satu pengurus yayasan untuk menawarkan penyaluran donasi.

Faktanya akun tersebut adalah palsu. Melalui akun Instagram @kominfogunungkidul menegaskan nomor WhatsApp yang beredar bukan milik Sekda Gunungkidul. Pihak Kominfo Gunungkidol juga mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap modus penipuan yang marak beredar, jika menemukan tawaran serupa di mohon melakukan konfirmasi atau melapor ke nomor 0895-4017-03737 atau melalui saluran SP4NLAPOR Lapor.go.id.

Berdasarkan penjelasan di atas akun WhatsApp Sekretaris Daerah Gunungkidul Sri Suhartanta adalah palsu dan masuk kategori konten tiruan.

===
REFERENSI:

https://www.instagram.com/p/CyFVZHsSOjO/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng%3D%3D&img_index=2