[SALAH] SURYA PALOH RESMIKAN GANJAR PRANOWO SEBAGAI CAPRES NASDEM

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi kredibel terkait Ganjar Pranowo resmi menggantikan Anies Baswedan menjadi capres dari Partai NasDem. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa video berbeda yang disertai narasi yang menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1696829564.783863/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEMPAR !! ANIES GAGAL NYAPRES !! SURYA PALOH AKHIRNYA RESMIKAN GANJAR CAPRES NASDEM 2024…

RESMI JADI PENGGANTI ANIES
GANJAR PRANOWO RESMI JADI CAPRES NASDEM

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube benama AKTUAL dengan narasi yang menyatakan bahwa Ganjar Pranowo resmi menggantikan Anies Baswedan menjadi capres dari Partai NasDem.

Setelah menonton keseluruhan isi video, tidak terdapat informasi yang mendukung klaim narasi yang beredar. Dalam video tersebut hanya menayangkan cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut indentik dengan artikel bisnis.com berjudul “Jokowi Tantang Kritik soal PSN dari Anies: Tunjuk Proyek Mana, yang Nitip Siapa?”.

Thumbnail yang menampilkan sosok Jokowi, Surya Paloh, Johnny G. Plate dan Ganjar Pranowo merupakan hasil manipulasi dari foto ketika pertemuan Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh usai meresmikan NasDem Tower di Gondangdia, Jakarta Pusat pada Selasa, 22 Februari 2022.

Foto aslinya dimuat pada artikel tempo.co berjudul “Istana Benarkan Pertemuan Jokowi dan Surya Paloh pada Kamis Sore”

Dengan demikian, klaim narasi yang dibagikan dalam video unggahan channel youtube AKTUAL tersebut adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.bisnis.com/read/20231002/638/1699910/jokowi-tantang-kritik-soal-psn-dari-anies-tunjuk-proyek-mana-yang-nitip-siapa

https://nasional.tempo.co/read/1684668/istana-benarkan-pertemuan-jokowi-dan-surya-paloh-pada-kamis-sore