[SALAH] Undangan Tes PT Wilmar Nabati Indonesia

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Informasi palsu. Dikonfirmasi dari Instagram Wilmar Group Indonesia, informasi terkait rekrutmen kandidat yang dilakukan Wilmar hanya disampaikan melalui kanal resmi perusahaan www.e-recruitment.wilmar.co.id dan Instagram info.wilmar.co.id.⁣⁣

=====

[KATEGORI]: Konten Palsu

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1696418034.701247/index.html (Twitter)

=====

[NARASI]:

“Work! Sender kemarin sore dapet email dan sms dari wilm*r untuk interview di jkt, tulisannya akomodasi pp, hotel, antar jemput, konsumsi bakalan direimburse. Ini bener gak ya? Makasi:pensive::pray:

=====

[PENJELASAN]:

Akun autobase Twitter @worksfess mengunggah cuitan yang melampirkan tangkapan layar surat undangan tes PT Wilmar Nabati Indonesia. Cuitan dalam akun autobase ini berasal dari Direct Message yang dikirimkan pengikut akun @worksfess dan secara otomatis menjadi cuitan yang bersifat anonim. Pengirim cuitan ini menambahkan keterangan bahwa undangan tersebut dikirimkan melalui email dan sms dengan informasi biaya transportasi, hotel, dan konsumsi akan diganti oleh pihak perusahaan.

Dalam tangkapan layar surat undangan yang diunggah tersebut dilengkapi dengan kop surat Wilmar dan tertulis alamat kantor serta alamat email recruitment@wilmarnabati.com.

Setelah dilakukan penelusuran, surat undangan tersebut merupakan upaya penipuan. Dikutip dari akun Instagram resmi Wilmar Group Indonesia (info.wilmar.co.id), informasi terkait rekrutmen kandidat yang dilakukan Wilmar selalu disampaikan melalui kanal resmi perusahaan www.e-recruitment.wilmar.co.id dan Instagram info.wilmar.co.id.⁣⁣

Wilmar Group Indonesia menyampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pelamar kerja, di antaranya:
1. Wilmar Group Indonesia tidak bekerja sama dengan pihak lain termasuk biro travel perjalanan dalam proses rekrutmen
2. Wilmar Group Indonesia tidak memungut biaya apapun dalam proses rekrutmen
3. Diharapkan untuk selalu berhati-hati dengan modus penipuan yang mengatasnamakan Wilmar Group Indonesia
4. Masyarakat diharapkan konfirmasi melalui website rekrutmen Wilmar Group Indonesia

=====

[REFERENSI]:

– https://www.instagram.com/p/CWkMopDJA0v/?img_index=2
– https://e-recruitment.wilmar.co.id/