[SALAH] Pelabuhan di Bali Dihantam Ombak Setinggi 10 Meter

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Isi dari video tersebut berisikan mengenai pembahasan mengenai peringatan BMKG tentang gelombang tinggi pada Desember 2022 lalu, tidak ditemukan informasi tentang ombak yang menghancurkan pelabuhan di Bali.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://archive.cob.web.id/archive/1696871732.123769/index.html

===========

[NARASI]: “🔴Live; PELABUHAN BALI AMBRUK… TEREKAM JELAS,OMBAK 10 METER MENGAMUK HEBAT HARI INI”

===========

[PENJELASAN]: Pada 8 Oktober 2023 lalu muncul unggahan video di Youtube dari akun bernama CCTV Bencana mengklaim jika pada hari itu Bali tengah dihantam oleh ombak setinggi 10 meter hingga merusak pelabuhan di Bali.

Namun setelah disimak lebih lanjut, isi dari video tersebut tidak menjelaskan klaim yang sesuai pada judul. Narator hanya membacakan ulang sebuah artikel yang diunggah pada 14 Desember 2022 lalu oleh jpnn.com dengan judul “Peringatan Dini, Gelombang Tinggi 6 Meter Berpotensi Melanda Wilayah Ini”.

Dalam artikel tersebut sendiri berisi penjelasan dari BMKG tentang peringatan dini potensi gelombang tinggi antara satu hingga enam meter di wilayah pesisir perairan Indonesia pada 14 sampai 15 Desember 2022.

Berdasarkan telusuran tersebut maka klaim jika pelabuhan di Bali hancur karena terhantam ombak setinggi 10 meter itu tidak benar. Isi video tersebut hanya membahas sebuah artikel yang berisi himbauan BMKG mengenai potensi munculnya gelombang tinggi di beberapa wilayah pesisir Indonesia pada Desember 2022 yang lalu.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.jpnn.com/news/peringatan-dini-gelombang-tinggi-6-meter-berpotensi-melanda-wilayah-ini