[SALAH] Jokowi Sarankan Minum Ajinomoto Agar Pintar

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Hoaks lama beredar kembali. Tidak ditemukan informasi yang valid jika Jokowi menyarankan minum Ajinomoto agar pintar. Faktanya, isi artikel tersebut adalah hasil cek fakta terkait isu Jokowi sarankan minum Ajinomoto agar pintar.

[KATEGORI]
Konten yang menyesatkan

[SUMBER]
Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1695917165.000365/index.html

[NARASI]
“Jokowi Sarankan Minum Ajinomoto Agar Pintar”

[PENJELASAN]
Beredar sebuah tangkapan layar artikel yang berjudul “Jokowi Sarankan Minum Ajinomoto Agar Pintar,” pada platform Facebook. Artikel itu dimuat oleh Ringtimesbanyuwangi.com pada 18 Mei 2020. Faktanya, isi artikel tersebut adalah hasil cek fakta terkait isu Jokowi sarankan minum Ajinomoto agar pintar.

Setelah dilakukan penelusuran dengan membaca kesuluruhan artikel Ringtimesbanyuwangi.com, ternyata judul yang disuguhkan bersifat clickbait atau jebakan. Isi dalam artikel adalah penjelasan hasil cek fakta terkait konten foto manipulasi saat Jokowi memegang Ajinomoto.

Sebelumnya, banyak beredar isu serupa dari tahun 2020. Seluruh unggahan terkait Jokowi menyarankan minum Ajinomoto agar pintar adalah salah. Turnbackhoax.id pernah mengunggah artikel cek fakta terkait isu tersebut pada Mei 2020 dan Juni 2023. Kedua artikel itu menyebut jika unggahan foto Jokowi memegang Ajinomoto dan menyarankan minum Ajinomoto adalah hoaks.

[REFERENSI]
https://ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com/opini/amp/pr-17384967/jokowi-sarankan-minum-ajinomoto-agar-pintar

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/Rb1G1MXK-cek-fakta-jokowi-sarankan-minum-ajinomoto-agar-pintar-ini-faktanya

https://turnbackhoax.id/2020/05/16/salah-mau-jenius-seperti-saya-minum-selalu-ajinomoto/

https://turnbackhoax.id/2023/06/14/salah-jokowi-jenius-karena-minum-ajinomoto/