[SALAH] Ulama Terbesar Madura Berbondong-bondong Deklarasi Anies-Muhaimin

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Gambar pratinjau, cuplikan video, dan narasi yang dibacakan dalam video tidak saling berkaitan dengan klaim yang menyebut ulama terbesar Madura berbondong-bondong deklarasikan dukungan untuk Anies-Muhaimin.

=====

[KATEGORI]: Koneksi yang Salah

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1696418423.244638/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “Prabowo Ganjar terguncang ! ulama terbesar Madura berbondong-bondong adakan Deklarasi Anies Muhaimin”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube GARUDA POLITIK mengunggah video dengan klaim ulama terbesar Madura berbondong-bondong deklarasi dukungan untuk pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024.

Namun setelah menonton keseluruhan video, cuplikan dan narasi yang dibacakan dalam video tidak menjelaskan tentang klaim yang tertera pada video. Cuplikan yang ditampilkan merupakan momen deklarasi duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai bakal capres dan cawapres yang diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan untuk menghadapi Pilpres 2024. Video ini dapat dilihat pada kanal Youtube Kompas TV.

Sedangkan narasi yang dibacakan dalam video identik dengan artikel yang diunggah oleh ALINEA dengan judul “2000 Warga Ulama Bekasi Salawat Bersama Anies Baswedan.”

Dalam artikel tersebut menjelaskan tentang 2.000 umat Islam bersama para ulama dan tokoh masyarakat Bekasi menghadiri acara Gema Anies Bersalawat, di Saung Majelis Ziyadatul Fadhilah, Tarumajaya, Bekasi, Rabu 23 Agustus 2023. Anies Baswedan yang turut hadir dalam acara juga didapuk untuk memimpin salawat, bersama Gus Aldi dan para ulama.

Selain itu, gambar pratinjau video tersebut juga bukan merupakan momen deklarasi yang dilakukan oleh ulama Madura. Foto aslinya dapat ditemukan di artikel yang diunggah oleh Jawa Post dengan judul “Pesta Rakyat, Pesta untuk Warga Kota Minyak.”

======

[REFERENSI]:

– https://www.youtube.com/watch?v=2Hir8qhGjKE&ab_channel=Kompas.com
– https://kaltimpost.jawapos.com/balikpapan/18/02/2023/pesta-rakyat-pesta-untuk-warga-kota-minyak
– https://www.alinea.id/politik/2000-warga-ulama-bekasi-salawat-bersama-anies-baswedan-b2hVQ9NY8