[SALAH]  “SEKJEN PDI-P UMUMKAN CAWAPRES GANJAR PRANOWO PADA 25 SEPTEMBER”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Sekjen PDI-P umumkan cawapres Ganjar pada 25 September.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1695887370.345135/index.html

=====

[NARASI]: Geger Pagi Ini !! Hasto Umumkan Cawapres Ganjar Di Pilpres 2024,anies Dan Paloh Ketar Ketir Liat IniKomentar

=====

[PENJELASAN]:
Beredar unggahan video di media sosial Facebook dengan nama pengguna “Leonardo Bartlett” unggahan video tersebut bernarasi bahwa Sekjen PDI-P umumkan cawapres Ganjar pada 25 September.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari cnbcindonesia.com engan judul artikel “Isu Duet Prabowo-Ganjar Bikin Geger, Parpol Sampai Ribut”.

Salah satu klip pada awal video yang menampilkan Ganjar diwawancarai oleh motivator Merry Riana merupakan potongan dari konten di kanal YouTube Merry Riana dengan judul video “GANJAR PRANOWO BLAK-BLAKAN TENTANG DUET GANJAR-PRABOWO”.

Saat ini PDI-P belum mengumumkan sosok cawapres pendamping Ganjar di Pilpres 2024. Jadi dari penjelasan di atas klaim tentang Sekjen PDI-P umumkan cawapres Ganjar pada 25 September adalah keliru dan merupakan konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.cnbcindonesia.com/news/20230921181832-4-474552/isu-duet-prabowo-ganjar-bikin-geger-parpol-sampai-ribut
https://www.youtube.com/watch?v=mAOmooIzxpY