[SALAH] “JUTAAN UMAT SIAP MENANGKAN ANIES BASWEDAN”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Tidak ditemukan informasi kredibel terkait jutaan umat siap menangkan Anies Baswedan. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa video berbeda yang disertai narasi yang menyesatkan.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1695886911.497202/index.html

=====

[NARASI]: MENGERIKAN!!! JUTAAN UMAT SIAP MENANGKAN ANIES MUHAIMIN

=====

[PENJELASAN]:
Beredar unggahan video di media sosial Facebook dengan nama pengguna “Dua Arah” unggahan video tersebut bernarasi bahwa jutaan umat siap menangkan Anies Baswedan.

Setelah menonton keseluruhan isi video, tidak terdapat informasi yang mendukung klaim yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut identik dengan artikel politik.rmol.id berjudul “SMRC: Mayoritas Pendukung Kelompok 212 Pilih Anies, Prabowo Kedua dan Ganjar Buncit”.

Thumbnail video merupakan hasil rekayasa, gambar asli merupakan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin pada Sabtu 13 Agustus 2022.

Pertemuan Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk kerjasama politik Partai Gerindra dengan PKB di Gedung SICC, Kabupaten Bogor.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan jutaan umat siap menangkan Anies Baswedan tidak terbukti dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://politik.rmol.id/read/2023/09/21/590065/smrc-mayoritas-pendukung-kelompok-212-pilih-anies-prabowo-kedua-dan-ganjar-buncit
https://www.inilahbandung.com/nasional/pr-5844138372/resmi-berkoalisi-prabowo-dan-cak-imin-saling-lempar-pujian?page=1
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230902154031-617-993913/anies-ke-cak-imin-soal-ditodong-paloh-you-are-the-second-victim