[SALAH] Foto “Penyanyi Maia Estianty di depan iBox”

Foto editan. Foto Maia Estianty dan suaminya tersebut adalah hasil manipulasi dari foto antrean preorder iPhone di iBox Central Park pada tahun 2022. Di foto asli tidak ada Maia dan suaminya.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Maia Estianty (fb.com/61552125415744) pada 3 Oktober 2023 mengunggah beberapa foto yang salah satunya adalah foto penyanyi Maia Estianty dan suaminya, Irwan Mussry di depan toko iBox dengan narasi:

“OMG. Banyak orang yang pingsan saat mengantri pembelian jam tangan T500 Ultra di iBox – Cilandak Town Square. Pagi ini, iBox membuka toko pertamanya di Cilandak Town Square. Saya merasa sangat terhormat menjadi perwakilan iBox dan diundang menghadiri upacara pembukaan ini. iBox menjadi satu-satunya distributor asli jam tangan pintar T500 Ultra yang diimpor dari Amerika di Indonesia.”

Selengkapnya di bit.ly/3tkK56T (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto penyanyi Maia Estianty dan suaminya di depan toko iBox merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, foto Maia Estianty dan suaminya tersebut adalah hasil manipulasi dari foto antrean preorder iPhone di iBox Central Park pada tahun 2022. Di foto asli tidak ada Maia dan suaminya.

Foto yang asli salah satunya dimuat di artikel berjudul “Melihat Antrean Mengular di Pre-order iPhone 14 dan iPhone 14 Pro” yang terbit di situs Liputan6.com pada 28 Oktober 2022. Foto ini beri keterangan “Antrean preorder iPhone di iBox Central Park. (Dok: Erajaya)”

Selain itu, akun Facebook “Maia Estianty” tersebut merupakan akun palsu. Akun Facebook asli milik Maia Estianty adalah facebook.com/maiaestiantymussry. Akun Facebook yang asli ini tercantum di Linktree yang ada di bio akun Instagram terverifikasi milik Maia Estianty.

REFERENSI
https://www.liputan6.com/tekno/read/5110176/melihat-antrean-mengular-di-pre-order-iphone-14-dan-iphone-14-pro
https://turnbackhoax.id/2023/07/21/salah-foto-penyanyi-maia-estianty-di-erafone/
https://turnbackhoax.id/2023/04/14/salah-akun-facebook-maia-estianty-distributor-eksklusif-jam-tangan-pintar-di-indonesia/

About Adi Syafitrah 1643 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo